SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Sempat ragu-ragu dan meminta waktu untuk berpikir-pikir, Bupati Wonogiri H Begug Poernomosidi akhirnya memastikan kesiapannya mendampingi H Sumaryoto sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati dari PDIP pada Pilkada Wonogiri, September mendatang.

Kepastian tersebut disampaikan Begug, saat dicegat wartawan seusai menyampaikan nota pengantar laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2009 dalam rapat paripurna di Gedung DPRD, Rabu (2/6). Sebelumnya, Begug juga mengklaim sudah mengantongi rekomendasi, namun saat itu ia belum memberi kepastian apakah dirinya siap bergandengan dengan Sumaryoto.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Saya sudah memikirkannya dan saya siap melaksanakan keputusan partai, termasuk untuk berpasangan dengan Pak Maryoto,” ujar Begug, yang lantas menanyakan pendapat wartawan tentang pencalonan dirinya.

Ditanya apakah dirinya sudah mendapat surat resmi rekomendasi dari DPP PDIP atau dia hanya sekadar menerima bocoran sehingga mengklaim sudah mengantongi rekomendasi dari DPP PDIP, Begug tidak memberikan jawaban yang jelas.

Terpisah, Ketua DPC PDIP Wonogiri, Joko Sutopo alias Jekek, saat dihubungi, Rabu menegaskan, adalah hak setiap calon yang mengklaim dirinya sudah mengantongi rekomendasi. Namun, dia menjelaskan, hingga saat ini, belum ada bukti otentik hitam di atas putih yang memastikan rekomendasi tersebut.

Dia menambahkan, sesuai dengan prosedur di partainya, rekomendasi untuk pasangan calon bupati/wakil bupati tidak akan disampaikan oleh DPP langsung ke calon yang bersangkutan, melainkan diambil oleh pejabat struktural partai, baik DPC maupun DPD ke DPP. “Ya boleh saja ada calon yang membuat pernyataan sudah mengantongi rekomendasi. Tapi yang jelas rekomendasi yang resmi pasti akan disampaikan melalui kami, baru ke calon yang bersangkutan, dan sampai sekarang, belum ada surat resmi apapun dari DPP terkait rekomendasi calon,” jelas Jekek.

Pada bagian lain, calon bupati yang berpasangan dengan Begug seperti yang diusulkan dalam Rakercabsus, Februari lalu, Mulyadi mengatakan, siap menerima keputusan DPP PDIP dengan legawa. Dia memastikan dirinya akan bersikap sportif dan mendukung siapapun yang akan mendapat rekomendasi dari DPP. Kendati demikian, dia rupanya masih tetap menyimpan optimisme.

“Yah, siapa tahu rekomendasi itu turunnya ke saya. Tapi siapapun nanti yang akan mendapat rekomendasi saya siap memberikan dukungan,” kata Mulyadi, melalui telepon, Rabu.

shs

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya