SOLOPOS.COM - Ilustrasi Gojek. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Kerja sama Gojek Indonesia dan Rebel Foods diwujudkan dalam bentuk perusahaan baru PT Rebel GoFood Indonesia. Perusahaan join dua perusahaan itu kini sudah membangun bisnis berkonsep cloud kitchen di 27 lokasi.

Chief Food Officer Gojek, Catherine Hindra Suthahyo, mengatakan layanan cloud kitchen Gofood bernama Rebel Gofood Kitchen adalah bagian dari super app Gojek. Ini merupakan salah satu inovasi Gojek bagi UMKM kuliner untuk mengakselerasi bisnis mereka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dengan berbasis data, kami menyediakan ragam kuliner sesuai permintaan di suatu wilayah agar konsumen lebih dekat dengan pilihan kuliner favoritnya. Konsep cloud kitchen telah banyak diusung oleh para pemain layanan pesan-antar makanan terkemuka di dunia dan terbukti telah sukses membawa usaha kecil dan menengah melaju dengan skala bisnis lebih besar,” papar dia kepada Solopos.com, Senin (15/6/2020).

Geger Babi Hutan Aneh di Banyumas, Bukan Siluman Loh

Ekspedisi Mudik 2024

Catherine menjelaskan Gojek bekerja sama dengan Rebel Foods mendirikan bisnis bersama bernama PT Rebel GoFood Indonesia. Rebel Foods adalah perusahaan operator restoran cloud kitchen.

Gojek lewat fitur GoFood menggabungkan kemampuan memahami seluk beluk kebutuhan UMKM di pasar lokal dengan keahlian Rebel Foods sebagai operator restoran cloud kitchen. Rebel Foods adalah perusahaan asal India yang memiliki pengalaman panjang dan reputasi mendunia.

Gojek dan Rabel Foods bersama-sama mengembangkan dampak sosial yang lebih besar bagi UMKM di Indonesia.

Awas! Lakukan Olahraga Ini di Tengah Pandemi Berisiko Tertular Covid-19

Hal ini sesuai dengan misi utama Gojek untuk memberikan solusi bagi kebutuhan sektor informal dan masyarakat. Dengan layanan cloud kitchen, Gojek membantu UMKM mempercepat pertumbuhan usaha dengan skala yang lebih besar.

Karyawan Cloud Kitchen Gojek adalah Karyawan UKM

Adapun sekitar 80% mitra usaha yang beroperasi di Rebel Gofood Kitchen adalah usaha kecil dan menengah.

Hingga saat ini, sudah ada 27 lokasi cloud kitchen yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, dan Medan. Seluruh jajaran karyawan resto di cloud kitchen merupakan karyawan dari mitra usaha Gofood.

Konsep Cloud Kitchen ala Rebel Foods Bisa Dipakai Pebisnis Kuliner Soloraya

“Gojek percaya melalui kemitraan strategis dengan berbagai pihak, kami dapat selalu menciptakan dampak sosial yang lebih luas kepada mitra UMKM kuliner kami. Sekaligus terus menjadi andalan masyarakat dalam pengalaman berkuliner yang menyenangkan,” jelasnya.

Sebelumnya, sejumlah pelaku bisnis kuliner di Soloraya menilai hadirnya kerja sama Gojek-Rabel Foods ini berpotensi mengancam usaha kuliner yang sudah mapan. Namun, di sisi lain, mereka menilai konsep cloud kitchen justru menarik untuk diterapkan.

Bahkan, pebisnis kuliner di Soloraya ada yang sudah menerapkan konsep yang digarap Gojek-Rebel Foods tersebut, yakni Selat Vien’s.

Surat Bebas Narkoba Bintang Emon Dipertanyakan Netizen, Asli atau Editan Buzzer?

Pemilik Selat Vien’s, Serra Rianda, menilai bisnis cloud kitchen menjadi strategi baru untuk kuliner lama yang hendak membuka cabang baru dengan modal terbatas.

“Cabang kami di Jakarta juga konsepnya cloud kitchen. Kami menyadari di awal nama kami belum dikenal seperti halnya di sini. Jika harus menyewa tempat baru, biayanya mahal, belum lagi karyawannya. Usaha kami ada di Tanjung Duren dan Kemang. Dengan cara ini, kami tinggal fokus produksi dan quality control,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya