SOLOPOS.COM - Ilustrasi tidur setelah makan sahur. (care2.com)

Solopos.com, SOLO-Jika Anda tidak ingin langsung tidur setelah makan sahur, ketahui tips supaya tidak mengantuk. Tidur setelah sahur memang sering kali tidak bisa dihindari oleh mereka yang menjalankan puasa Ramadan.

Tak bisa dimungkiri bahwa usai sahur, rasa kantuk sulit sekali ditahan.  Penyebab pertama, bisa jadi karena Anda tidur terlalu larut malam, sehingga mata masih ingin dipejamkan. Dan penyebab kedua, Anda terlalu kenyang setelah sahur.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Jika rasa kantuk sudah tidak tertahankan setelah sahur,  sebagian kalangan mungkin akan tidur dengan posisi berbaring setelah sahur. Namun yang lain ada pula yang tidur dengan posisi setengah duduk agar tidak mengalami refluks atau naiknya asam lambung ke tenggorokan.
Istirahat dengan posisi setengah duduk lebih baik.

Baca Juga: Viral Manfaat Minum Oralit Saat Sahur, Amankah?

Dilansir sebuah sumber, pakar pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), Profesor Ari Fahrial Syam, mengatakan sulit sekali memang menahan kantuk setelah sahur. Untuk itu, Anda tetap diperbolehkan beristirahat dengan posisi tiduran setengah duduk.  Caranya adalah punggung harus disangga bantal agar lambung tetap berada di bawah dan tidak bergejolak, sehingga asam lambung beserta isi lambung tidak naik lagi ke tenggorokan yang biasanya menimbulkan sensasi terbakar, nyeri, mual, lalu muntah.

Namun Profesor  Ari menegaskan bahwa posisi tersebut dilakukan hanya untuk beristirahat, bukan untuk benar-benar tidur.  Menurutnya, Anda tetap tidak boleh langsung tertidur setelah makan. “Sebaiknya jangan langsung tidur, beri jeda waktu setidaknya 2 jam jika Anda ingin tidur.” jelas Prof. Ari.

Agar tidak mengantuk setelah makan sahur, berarti harus ada yang diubah dari menu sahur Anda. Pasalnya, seperti dikutip dari klikdokter.com, Rabu (6/4/2022), dokter Irma Rismayanty mengatakan bahwa mengonsumsi banyak makanan tinggi karbohidrat, protein, dan lemak menyebabkan tubuh bekerja lebih berat dalam mengolah makanan.

Baca Juga: Ketahui Dampak Langsung Tidur Setelah Sahur Terhadap Kesehatan

“Hal ini lalu membuat pembuluh darah lebih terfokus untuk bekerja di bagian perut ketimbang di bagian otak. Pada akhirnya, kondisi ini menyebabkan timbulnya rasa mengantuk.” kata Irma.

Berikut ini sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kantuk seusai sahur:

– Jangan makan dalam porsi yang terlalu besar. Konsumsi karbohidrat dan protein secukupnya saja.
– Ganti karbohidrat sederhana, seperti nasi dan mi dengan nasi merah, roti gandum, atau oatmeal.
– Jangan minum kafein terlalu banyak. Kafein hanya “menyegarkan” tubuh dalam waktu yang singkat. Ketika efeknya habis, rasa kantuk yang dialami justru luar biasa.
– Sehabis makan, cobalah jalan kaki selama 10-15 menit.

Istirahat atau tidur dengan posisi setengah duduk memang boleh Anda lakukan bila ingin tidur setelah sahur. Namun, dalam posisi seperti itu, tetap saja Anda tidak boleh terlelap. Beri waktu setidaknya 2 jam untuk sistem pencernaan “menyelesaikan tugas” supaya Anda tidak sakit setelahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya