Begini Tips Mengatasi Perut Begah
Ilustrasi perut begah (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO – Apakah Anda pernah mengalami kondisi perut begah? Gejala ini ditandai dengan rasa kenyang yang berlebihan, mual, bahkan sesak napas. Kondisi ini tentu membuat Anda tidak nyaman. Berikut tips yang bisa dicoba jika mengalami perut begah.

Sebelum melakukan pencegahan ada baiknya Anda harus mengenali dulu penyebab perut begah. Biasanya perut begah disebabkan karena makan terlalu cepat. Menurut Stephanie Middleberg, RD, ahli Gizi dari Middleberg Nutrition, New york, Amerika serikat, makan buru-buru membuat makanan tidak terkunyah dengan baik.

Selebgram Ayla Dimitri Sedih Banget Gagal Berangkat Umrah

“Akibatnya, organ pencernaan tidak berfungsi optimal untuk memproses makanan. Alhasil, perut Anda terasa lebih penuh, kembung, dan padat setelah makan meski belum terlalu kenyang,” katanya seperti dilansir Boldsky, Kamis (27/2/2020). Selain itu, mengonsumsi makanan berlemak dan sembelit juga bisa menjadi penyebab perut begah. Lalu apa solusinya?

Kunyah makanan sesuai ketentuan
Idealnya setiap satu kali suapan kita dianjurkan untuk mengunyahnya sebanyak 32 kali. Tetapi seperti dikutip dari Timesonline.co.uk, Senin (17/2/2020), para ahli Ohio State University, di Colombus, Amerika serikat menyarankan mengunyah makanan lembut 5-10 kali, serta makanan padat (daging/sayuran) hingga 30 kali sebelum menelan.

Hindari makanan penyebab begah
Ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan perut Anda begah. Misalnya kacang polong, brokoli, kubis, kol, rendang, dan gulai kambing. Makanan-makanan ini menyebabkan gas dalam perut susah keluar sehingga perut Anda berpotensi mengalami begah.

Ditinggal Beri Makan Sapi 15 Menit, Honda Beat Milik Warga Gesi Sragen Raib

Konsumsi air putih yang cukup
Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah minum air putih yang cukup. Air putih dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Mengonsumsi air putih yang cukup dapat membantu Anda terhindar dari rasa begah atau kembung akibat sembelit.

Jika sudah melakukan pencegahan namun perut begah Anda tidak kunjung berangsur pulih, coba lakukan kegiatan seperti di bawah ini. Cara-cara ini dianggap manjur mengobati perut kembung Anda akibat kekenyangan.

Hindari langsung tiduran
Perut begah akibat kekenyangan memang membuat tubuh tidak nyaman. Kebanyakan orang memilih untuk tiduran sambil menunggu rasa begahnya menghilang. Tapi, tiduran dengan perut begah malah akan menghambat pencernaan Anda.

Posisi itu dapat menyebabkan rasa mual akibat asam lambung naik atau gangguan pencernaan lainnya. Jika ingin tiduran saat perut sedang begah tunggulah sampai kira-kira tiga jam sambil melakukan kegiatan santai seperti membaca buku, menonton televisi atau menjelajah media sosial.

Aturan IMEI Berlaku 18 April 2020, Pakai HP Asal Luar Negeri Wajib Bayar Pajak Dulu?

Ganti baju dengan yang lebih longgar
Saat Anda mengalami begah ketika sedang berada di rumah, gantilah dengan baju yang lebih longgar. Pakaian ketat akan menekan perut dan menyebabkan rasa begah tidak akan hilang. Jika Anda mengalami begah ketika di luar rumah jangan khawatir, tarik napas perlahan dan keluarkan, usahakan untuk melonggarkan ikat pinggang, celana atau jaket.

Lakukan olahraga ringan
Tak perlu berolahraga berat seperti lari-lari atau push up ketika Anda merasa kekenyangan. Hal ini malah akan membuat Anda semakin mual. Anda cukup berolahraga ringan seperti berjalan-jalan sebentar di sekitar tempat makan. Jika Anda sedang berada di dalam rumah, lakukan aktivitas ringan seperti mencuci piring atau membereskan meja.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho