Kategori: Bisnis

Begini Tips Menata Hunian Agar Tampak Minimalis


Solopos.com/Nana Krisdianti

Solopos.com, SOLO – Hidup minimalis dan penuh tujuan perlu dilakukan sebab banyak orang tidak suka hunian mereka kacau karena banyaknya barang atau furnitur yang ada di dalam rumah. Dewasa ini, muncul tren besar dalam desain bahkan cara hidup menjadi lebih minimalis.

Minimalis dapat diartikan dari berbagai segi. Secara umum menurut goodhousekeeping.com, minimalis diartikan sebagai hidup dengan menghapus detail-detail yang mengalihkan perhatian. Hidup minimalis sangat erat halnya dengan dengan decluttering, pengorganisasian, dan meminimalkan segala yang ada untuk menjalani hidup yang lebih sederhana dan bertujuan. 

Ada beberapa manfaat ketika menerapkan sistem hidup minimalis. Di antaranya lebih banyak uang yang disisihkan, kemudian lebih banyak waktu yang dihabiskan untuk mengurusi barang, meningkatkan ketenangan dan lebih sedikit stress, serta lebih banyak menemukan rasa syukur dengan hidup sederhana. 

Untung Besar! Ini Dia Cara Menghasilkan Uang Dari Properti

Kemudian, simak beberapa tips berikut untuk membuat rumah terlihat minimalis:

1. Fokus satu ruang pada satu waktu. Jika biasanya bingung untuk memulai penataan minimalis dari sisi yang mana, maka sekarang mulai fokuslah pada satu tempat. Ketahui dengan jelas masalah yang ada pada tempat itu, dan rencanakan penyelesaian dengan baik. 

2. Mulai dari area yang terlihat terlebih dahulu. Setelah fokus pada satu ruang, mulailah menata dari hal-hal yang terlihat seperti laci, rak, barang-barang di lantai, dan furnitur lain.

3. Decluttering. Ini dapat diartikan dengan mengurangi atau mengeliminasi  barang-barang yang tidak dibutuhkan dan menyisakan barang yang benar-benar penting. 

Dinding Kabinet Bisa Jadi Properti Untuk Efisiensi Ruangan

4. Batasi dekorasi. Berbagai macam dekorasi rumah mudah kita dapatkan di toko-toko furnitur. Tapi jika kita ingin memulai untuk mendekorasi rumah minimalis, batasi peletakan dekor untuk rumah. Banyak orang bertahun-tahun membeli dan mengumpulkan dekorasi, namun tidak benar-benar memiliki fungsi atau makna untuk si pemilik.

5. Rapikan secara teratur. Penting untuk mempunyai kebiasaan suka membersihkan dan merapikan furnitur secara teratur. Ruang maupun barang-barang yang terdapat di dalam rumah perlu perhatian sepanjang waktu agar terlihat rapi dan tidak berantakan.

6. Tahan godaan untuk beli barang. Kita sedang berada di masa iklan-iklan menjamur di mana-mana. Tentu sangat sulit untuk menahan godaan membeli barang. Namun, itu bisa dicegah dengan mengurangi menonton televisi, berhenti membuka marketplace, dan fokus pada apa yang kamu suka di rumahmu.

Share
Dipublikasikan oleh
Ivan Indrakesuma