SOLOPOS.COM - Mini Cooper S 3 pintu dan Mini Cooper S Convertible (1/2018). (BMW/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – BMW Group merilis mobil Mini Cooper yang bertenaga listrik. Mini Cooper generasi kelima ini punya desain unik yang tidak benar-benar mirip dengan versi BBM-nya.

Mini terbaru ini hadir dengan dua model, yakni Cooper E dan SE. Melansir dari Engadget, Selasa (5/9/2023), Mini Cooper E memiliki mesin 135 kW/184 hp, torsi 290Nm, dan akselerasi dari nol hingga 62 mil per jam dalam 7,3 detik.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Mobil ini memiliki jangkauan yang jauh lebih tinggi, membentang dari 145 mil hingga 190 mil.

Pada Mini SE, jangkauan melonjak hingga 250 mil dengan output yang lebih tinggi, seperti torsi maksimum 330Nm, 160 kW/218 hp, dan lompatan dari 0 hingga 62 mil per jam dalam 6,7 detik. Baterainya juga dapat terisi dari 10 persen hingga 80 persen dalam waktu kurang dari setengah jam.

Untuk tampilannya, perusahaan mengaku Mini generasi kelima ini mengutamakan kesederhanaan yang berkarisma demi menonjolkan fitur-fitur utama mobil yang modern.

“Terinspirasi oleh sejarah kami, kami telah mengembangkan model desain baru kami sendiri, yang menunjukkan DNA kami. Ide di baliknya adalah desain yang memberikan setiap model Mini terbaru karakter yang kuat dan individual, serta ditandai dengan bahasa desain yang jelas dan ringkas yang secara intuitif berfokus pada esensi merek,” ujar Kepala Mini Design, Oliver Heilmer dalam sebuah pernyataan.

Secara eksternal, desain baru ini menampilkan roda yang lebih besar, gagang pintu yang rata, dan spatbor flare yang dapat dilepas. Interiornya mengambil inspirasi dari Mini asli tahun 1959 yang memiliki kluster instrumen bundar di bagian depan dan tengah, dengan tombol toggle di bawahnya.

Pembaruan modern terlihat pada layar OLED resolusi tinggi 9,5 inci yang membawa Sistem Operasi Mini 9 dan menawarkan berbagai fitur mulai dari media hingga aplikasi.

Mobil listrik ini juga dilengkapi asisten pribadi berkekuatan AI pertama dari merek tersebut dalam bentuk animasi Mini atau Spike. Pengguna dapat menggunakannya melalui perintah suara untuk mengontrol navigasi, menyalakan hiburan, dan lainnya.

Fitur tambahan pada Mini generasi kelima ini termasuk opsional Parking Assistant Plus dengan 12 sensor dan empat kamera, serta Green Mode yang dapat memperpanjang masa pakai baterai. Di samping itu, mobil ini memiliki empat opsi trim baru: Essential, Classic, Favored, dan JCW.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Mobil Listrik Mini Cooper E dan SE Resmi Meluncur, Intip Spesifikasinya!”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya