Begini Regulasi Pemain di Liga 1
PSMS Medan vs Persija Jakarta (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Liga 1 segera bergulir.

Solopos.com, SOLO – PT. Liga Indonesia Baru (LIB) telah mengumumkan jadwal dimulainya Liga 1. Mereka juga sudah menyosialisaikan regulasi pemain. Soal hal itu, ada beberapa perubahan dibandingkan dengan musim lalu.

Hal itu disampaikan oleh Chief Operation Oficer (COO) PT. Liga Indonesia Baru (LIB), Tigor Shalom. Tigor mengakui adanya perubahan soal regulasi pemain. Salah satunya adalah penghapusan Marquee player yang musim lalu digunakan.

Istilah marquee player ini memang mencuat pada musim lalu. Marquee player adalah pengecualian untuk pemain asing yang memiliki latar belakang karier yang lebih cemerlang. Contohnya adalah Michael Essien yang direkrut Persib Bandung. [Baca: Marquee Player Dihapus!]

Kini, para klub pun dipersilakan untuk merekrut pemain asing dengan ketentuan 3+1 yakni tiga pemain dari belahan dunia manapun dan satu pemain dari Asia. "Status marquee player sudah tidak kami berlakukan. Statusnya menjadi 3+1 untuk kuota pemain asing," kata Tigor seperti dikutip dari Liputan6.com, Jumat (9/3/2018).

LIB juga menerapkan aturan baru terkait pemain U-23. Pada musim kemarin, setiap klub wajib memainkan tiga pemain U-23 sejak awal pertandingan selama minimal 45 menit. Namun, Tigor menegaskan pihaknya sudah tidak memberlakukan regulasi itu musim ini. Namun, setiap kontestan masih harus mendaftarkan setidaknya tujuh pemain U-23.

"Soal regulasi U-23, sekarang terserah kepada kebijakan klub masing-masing. Kami tidak mewajibkan mereka untuk bermain. Hal yang terpenting adalah mereka masih terdaftar," ujar Tigor.

Liga 1 sendiri akan bergulir pada 23 Maret 2018. Rencananya, laga perdana akan menghadirkan duel Bhayangkara FC melawan Persija Jakarta, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom