Jokowi bersilaturahmi dengan keluarga besar Pondok Pesantren Bugen Al-Itqon, Semarang, Jateng, Sabtu (20/10/2018). (Setkab-Setpre)

Semarangpos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo menyebut "alhamdulillah" saat mengetahui namanya masuk dalam daftar tokoh muslim berpengaruh di dunia tahun 2019. Penghargaan tersebut, menurutnya, untuk seluruh masyarakat Indonesia. 

Saat dimintai konfirmasi oleh wartawan seusai berkunjung ke Pondok Pesantren Bugen Al-Itqon, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (20/10/2018), Presiden Jokowi mengatakan bahwa penghargaan tersebut untuk seluruh masyarakat Indonesia. "Alhamdulillah, saya kira sebuah penghargaan untuk kita semuanya, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia," kata Jokowi sebagaimana dikutip pernyataan tertulis Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Presiden Jokowi memang tercatat kembali masuk dalam daftar Top 50 sama seperti tahun sebelumnya. Namun lebih lanjut, ia mengatakan bahwa dirinya akan tetap fokus bekerja. "Tapi saya tetap terus akan bekerja apa adanya, seperti biasanya," ucapnya.

Adapun daftar tokoh muslim dunia paling berpengaruh tahun 2019 dikeluarkan oleh Pusat Studi Strategi Islam, lembaga riset mandiri yang berlokasi di Amman, Yordania. Terdapat sekitar 1,9 miliar umat muslim di dunia hingga hari ini atau mencapai 24,7% dari populasi dunia, hampir menyentuh seperempat jumlah manusia.

Presiden Indonesia Joko Widodo, berada pada posisi ke-16, sementara Said Aqil Siradj berada di nomor 20. Para tokoh yang dimuat itu dinilai oleh pusat studi itu, antara lain akademisi keagamaan yang langsung menangani umat muslim dan memengaruhi kepercayaannya maupun pejabat pemerintahan di dunia yang meregulasi faktor sosial dan ekonomi di masing-masing negara, serta para artis yang membuat budaya popular.

Terdapat 13 kategori individu muslim yang tercakup dalam buku tersebut, yakni akademisi bidang agama, politisi, pejabat urusan agama, ustaz dan pembimbing agama, pegiat sektor filantrofis/amal dan pembangunan, isu sosial, bisnis, iptek, seni dan budaya, pelantun Alquran, media, bintang olahraga dan selebriti, maupun ekstrimis.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten