Begini Posisi Tidur Setelah Operasi Caesar Seperti Nagita Slavina

Setelah menjalani operasi caesar seperti Nagita Slavina, ada sejumlah hal perlu diperhatikan salah satunya adalah posisi tidur.

 Ilustrasi pasien di rumah sakit. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasien di rumah sakit. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Setelah menjalani operasi caesar seperti Nagita Slavina, ada sejumlah hal perlu diperhatikan salah satunya adalah posisi tidur. Sebagaimana diketahui istri Raffi Ahmad itu melahirkan putra keduanya secara caesar pada Jumat (26/11/2021).

Karena operasi caesar merupakan tindakan yang cukup besar, maka sebaiknya perhatikan pula posisi tidur setelah menjalani tindakan ini. Ada beberapa posisi yang sebaiknya dihindari.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Menurut dr. Devia Irine dari klikdokter.com, posisi tidur paling nyaman setelah operasi caesar adalah telentang, mengingat ada bekas operasi yang masih nyeri. Sebaliknya, karena luka sayatan di perut membuat pasien tidak bisa dan tidak boleh tengkurap.

Selain telentang, ada beberapa posisi tidur yang disarankan setelah operasi caesar seperti dikutip dari klikdokter.com pada Jumat (26/11/2021):

1. Setengah Duduk

Dalam kondisi normal, biasanya posisi ini yang harus dihindari. Tapi setelah operasi caesar, bisa juga melakukan tidur dengan posisi ini.  “Selain telentang, bisa diposisikan kepala lebih tinggi, jadi seperti setengah duduk,” jelas dr. Devia Irine.

Baca Juga: Raffi Ahmad Sebut Rafathar Cemburu Lihat Adik Baru

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan National Library of Medicine, Amerika Serikat, tidur dalam posisi tegak meningkatkan pernapasan dan mengurangi risiko pasca persalinan yaitu obstructive sleep apnea (OSA).

Studi tersebut menemukan, tidur dengan posisi tubuh bagian atas yang ditinggikan 45 derajat adalah cara terbaik bagi ibu pasca melahirkan untuk tidur dan bernapas dengan mudah. Posisi tersebut tampaknya tidak mengganggu kualitas atau waktu tidur.

2. Miring ke Kanan atau Kiri

“Setelah bisa bergerak pelan-pelan dan miring kanan kiri, bisa bertahap tidur miring. Bisa diganjal dengan bantal juga di area sekitar pinggang agar lebih nyaman,” jelas dr. Devia Irine.

Agak aneh mungkin mendengar ibu yang pasca operasi caesar bisa tidur miring ke kanan dan kiri. Tapi, kenyataannya memang bisa dilakukan. Bila Anda tidur miring setelah operasi caesar, penting untuk menggunakan bantal demi menopang lutut dan pergelangan kaki, serta menjaga pinggul tetap sejajar.

Baca Juga: Nola B3 Melahirkan, Warganet Puji Nama Anak

Posisi berbaring miring sering kali menjadi posisi menyusui yang paling nyaman bagi ibu baru yang baru pulih dari operasi caesar.

3. Perhatikan Penggunaan Bantal

Apapun posisi tidur yang dipilih, Anda tetap perlu bantal. Penggunaan ini direkomendasikan agar merasa lebih nyaman dan menopang tulang belakang.

Kalau tidur telentang, bisa menggunakan bantal di bawah bahu, punggung bawah, lutut, atau pergelangan kaki. Jika Anda tidur miring, maka bantal dapat digunakan di antara pergelangan kaki dan lutut untuk menjaga pinggul dan panggul tetap stabil. Pilihan lainnya adalah dengan benar-benar memeluk bantal atau guling dan meletakkannya di antara kaki sebagai penyangga saat Anda tidur.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Tiap Tahun Penduduk Indonesia Buang Porsi Makan 125 Juta Orang

+ PLUS Tiap Tahun Penduduk Indonesia Buang Porsi Makan 125 Juta Orang

Data Program Lingkungan PBB (UNEP) menyebut Indonesia menjadi negara yang paling banyak menghasilkan sampah makanan di Asia Tenggara yang setara dengan porsi makan 61 juta hingga 125 juta orang atau 29-47% populasi.

Berita Terkini

Cerpen Pembuktian

Aku yakin Djenar pasti jeli membaca cerpenku, dan akan memberikan banyak catatan. Padahal, sejujurnya niatku mengajaknya bertemu bukan untuk keperluan itu.

Cek Arti Mimpi Tenggelam, Benarkah Pertanda Buruk?

Mimpi tenggelam tentu bikin jantung berdebar-debar dan bertanya-tanya apa artinya ya?

Sangat Dianjurkan, Ini Keutamaan Puasa Senin dan Kamis

Banyak amalan yang dapat dilakukan umat Islam untuk menambah pahala. Salah satunya adalah dengan menjalankan puasa Senin-Kamis.

Arti Mimpi Mendapatkan Uang, Pertanda bakal Dapat Rezeki Nomplok?

Mimpi mendapatkan uang tentu bikin bahagia karena bunga tidur itu sering diartikan sebagai pertanda baik, benarkah demikian?

Cerpen Kisah Cinta Lelaki Gandrung

Kata orang-orang, bapakku miskin dan buruk rupa. Mereka bingung mengapa Ibu memilih Bapak, bukannya menjadi istri keempat Pak Warta yang kaya raya.

Apakah Cacar Monyet Berbahaya? Ini Penjelasannya

WHO mencatat hingga Jumat (24/6/2022) ada 70 kematian di Afrika Tengah, apakah virus ini berbahaya bagi manusia?

Mengintip Layanan & Fasilitas Cardiac Center RS Columbia Asia Semarang

Cardiac Center RS Columbia Asia Semarang memiliki layanan untuk penyakit jantung yang lengkap dan fasilitas cathlab standar internasional.

Kenapa Alkohol Bekonang Dinamakan Ciu? Ternyata dari Bahasa China

Tahukah Anda nama ciu yang merupakan alkohol khas dari Bekonang, Sukoharjo dinamai dengan kata dari bahasa Mandarin.

Kasus Cacar Monyet Meluas, Apakah Indonesia Termasuk?

Kasus cacar monyet telah ditemukan di sejumlah negara, bagaimana halnya dengan di Indonesia?

Marshanda Mengalami Manic Episode, Kenali Gejalanya

Kenali gejala manic episode seperti dialami Marshanda saat dikabarkan hilang di Amerika Serikat.

Prosedur Pencarian Orang Hilang di Luar Negeri Seperti Kasus Marshanda

Bila mengalami kejadian serupa Marshanda, bagaimana prosedur pencarian orang hilang di luar negeri?

Begini Efek Kadar Hemoglobin Rendah Seperti Dialami Ruben Onsu

Benarkah efek kadar hemoglobin atau Hb rendah bisa membuat stamina seseorang drop seperti dialami presenter Ruben Onsu?

Hikmah dan Syarat Sah Berkurban Saat Iduladha

Terdapat beberapa hikmah terkait anjuran berkurban di hari Iduladha atau hari-hari Tasyriq ini.

30 Negara Ini Legalkan Ganja untuk Medis, Thailand Salah Satunya

Sejumlah warganet menyebutkan Thailand merupakan salah satu negara yang melegalkan penggunaan ganja untuk medis.

Penjelasan NASA dan Lapan Soal Fenomena Langka Planet Sejajar

Terjadi sebuah fenomena langka yang bisa disaksikan di wilayah Indonesia yakni planet sejajar.