SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasien di rumah sakit. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Setelah menjalani operasi caesar seperti Nagita Slavina, ada sejumlah hal perlu diperhatikan salah satunya adalah posisi tidur. Sebagaimana diketahui istri Raffi Ahmad itu melahirkan putra keduanya secara caesar pada Jumat (26/11/2021).

Karena operasi caesar merupakan tindakan yang cukup besar, maka sebaiknya perhatikan pula posisi tidur setelah menjalani tindakan ini. Ada beberapa posisi yang sebaiknya dihindari.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Menurut dr. Devia Irine dari klikdokter.com, posisi tidur paling nyaman setelah operasi caesar adalah telentang, mengingat ada bekas operasi yang masih nyeri. Sebaliknya, karena luka sayatan di perut membuat pasien tidak bisa dan tidak boleh tengkurap.

Selain telentang, ada beberapa posisi tidur yang disarankan setelah operasi caesar seperti dikutip dari klikdokter.com pada Jumat (26/11/2021):

Ekspedisi Mudik 2024

1. Setengah Duduk

Dalam kondisi normal, biasanya posisi ini yang harus dihindari. Tapi setelah operasi caesar, bisa juga melakukan tidur dengan posisi ini.  “Selain telentang, bisa diposisikan kepala lebih tinggi, jadi seperti setengah duduk,” jelas dr. Devia Irine.

Baca Juga: Raffi Ahmad Sebut Rafathar Cemburu Lihat Adik Baru

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan National Library of Medicine, Amerika Serikat, tidur dalam posisi tegak meningkatkan pernapasan dan mengurangi risiko pasca persalinan yaitu obstructive sleep apnea (OSA).

Studi tersebut menemukan, tidur dengan posisi tubuh bagian atas yang ditinggikan 45 derajat adalah cara terbaik bagi ibu pasca melahirkan untuk tidur dan bernapas dengan mudah. Posisi tersebut tampaknya tidak mengganggu kualitas atau waktu tidur.

2. Miring ke Kanan atau Kiri

“Setelah bisa bergerak pelan-pelan dan miring kanan kiri, bisa bertahap tidur miring. Bisa diganjal dengan bantal juga di area sekitar pinggang agar lebih nyaman,” jelas dr. Devia Irine.

Agak aneh mungkin mendengar ibu yang pasca operasi caesar bisa tidur miring ke kanan dan kiri. Tapi, kenyataannya memang bisa dilakukan. Bila Anda tidur miring setelah operasi caesar, penting untuk menggunakan bantal demi menopang lutut dan pergelangan kaki, serta menjaga pinggul tetap sejajar.

Baca Juga: Nola B3 Melahirkan, Warganet Puji Nama Anak

Posisi berbaring miring sering kali menjadi posisi menyusui yang paling nyaman bagi ibu baru yang baru pulih dari operasi caesar.

3. Perhatikan Penggunaan Bantal

Apapun posisi tidur yang dipilih, Anda tetap perlu bantal. Penggunaan ini direkomendasikan agar merasa lebih nyaman dan menopang tulang belakang.

Kalau tidur telentang, bisa menggunakan bantal di bawah bahu, punggung bawah, lutut, atau pergelangan kaki. Jika Anda tidur miring, maka bantal dapat digunakan di antara pergelangan kaki dan lutut untuk menjaga pinggul dan panggul tetap stabil. Pilihan lainnya adalah dengan benar-benar memeluk bantal atau guling dan meletakkannya di antara kaki sebagai penyangga saat Anda tidur.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya