SOLOPOS.COM - Ilustrasi Hari Tanpa Bayangan. (Dok. Solopos)

Solopos.com, SOLO - Siang ini sejumlah wilayah di Indonesia bakal mengalami hari tanpa bayangan. Fenomena yang dinamakan kulminasi atau istiwa ini adalah fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit.

Hari tanpa bayangan merupakan fenomena yang terjadi pada saat matahari persis berada di puncaknya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penjelasan Om Hao dan UAS Soal Fenomena Kuntilanak

Fenomena ini terjadi dua kali dalam setahun pada wilayah di antara +23.5 dan -23.5 derajat garis lintang. Tangga terjadi hari tanpa bayangan akan berbeda untuk setiap wilayah.

Ekspedisi Mudik 2024

Ketika fenomena ini terjadi sinar matahari akan jatuh persis tegak lurus pada benda dan manusia, sehingga manusia tidak dapat mengamati bayangannya.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) fenomena ini bisa terjadi karena bidang rotasi bumi tidak tepat berimpit dengan bidang revolusi Bumi.

Fenomena MJO Sambangi Jateng, Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir & Angin Kencang

Sehingga posisi Matahari dari Bumi akan terlihat terus berubah sepanjang tahun antara 23,5oLU s.d. 23,5oLS. Hal ini disebut sebagai gerak semu harian Matahari.

Mengingat Indonesia berada di sekitar ekuator, kulminasi utama di wilayah Indonesia akan terjadi dua kali dalam setahun dan waktunya tidak jauh dari saat Matahari berada di khatulistiwa.

Warga Gunungkidul Diteror Ular Kobra, Pakar UGM Jogja Sebut Fenomena Wajar

Di kota-kota lain, kulminasi utama terjadi saat deklinasi Matahari sama dengan lintang kota tersebut. Khusus untuk Jakarta, fenomena ini terjadi pada 4 Maret 2020, yang kulminasi utamanya terjadi pada pukul 12.04 WIB,dan pada 8 Oktober 2020, yang kulminasi utamanya terjadi pada pukul 11.40 WIB.

Secara umum, kulminasi utamatahun 2020di Indonesia terjadi antara 21 Februari 2020 di Baa, Nusa Tenggara Timur hingga 4 April 2020 di Sabang, Aceh dan 6 September 2020 di Sabang, Aceh sampai dengan 21 Oktober 2020 di Baa, Nusa Tenggara Timur.

Ngeri! LIPI Ungkap Fenomena Tanah Merayap di Maluku

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebelum tidur mau ngingetin kamu aja, kalau besok daerah Jakarta akan mengalami fenomena Hari Tanpa Bayangan. Tepatnya pukul 12.04 WIB

Sebuah kiriman dibagikan oleh BMKG (@infobmkg) pada

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya