SOLOPOS.COM - Area halaman Vihara Tanah Putih, tampak simbol agama Buddha atau dikenal dengan bendera Buddhis sudah terpasang dengan rapi. (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG – Seluruh umat Buddha di Indonesia bakal merayakan Waisak 2557 BE pada Minggu (4/6/2023). Di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), perayaan Waisak akan digelar di Vihara Tanah Putih dengan diisi prosesi Puja Baakti Trisuci Waisak yang diikuti sekitar 200 umat Buddha.

Kepala Vihara Tanah Putih, Cattamano Mahathera, mengatakan perayaan hari Waisak dilakukan untuk memperingati Trisuci Waisak, yakni memperingati tiga peristiwa penting berupa kelahiran, penerangan agung, dan kematian Buddha Gautama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami sudah melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari. Membersihkan seluruh area vihara termasuk altar, memasang bendera, lampion, dan air parita [doa] di altar. Itu sudah menjadi bagian persiapan yang tak terpisahkan bagi kami,” kata Bikkhu Cattamano kepada Solopos.com, Jumat (2/6/2023).

Saat melihat lebih dekat, di area halaman Vihara Tanah Putih, tampak simbol agama Buddha atau dikenal dengan bendera Buddhis sudah terpasang dengan rapi. Bendera-bendera itu memiliki berbagai warna mulai dari biru, kuning, merah, putih, dan jingga.

“Warna ini melambangkan aura yang keluar dari sang Buddha. Biru simbol bakti, kuning kebikjasanaan, merah cinta kasih, putih kesucian, dan jingga keyakinan,” terangnya.

Terkait air suci Waisak, lanjut Bikkhu Cattamano, air tersebut adalah air yang telah dibacakan doa paritta suci oleh para umat dan bikkhu. Nantinya, air tersebut akan dibagikan kepada umat Buddha yang membutuhkan atau merayakan hari suci Waisak di Vihara Tanah Putih.

“Kami perkirakan akan ada sekitar 200 umat yang merayakan Trisuci Waisak di Vihara Tanah Putih,” sambungnya.

Tak berhenti di situ, pada Sabtu (3/5/2023) atau menjelang puncak perayaan Waisak, umat Buddha di Vihara Tanah Putih bakal melakukan ke makam pahlawan Gatot Subroto. Kemudian, nantinya bakal ada beberapa perempuan yang melakukan prosesi cukur rambut untuk menjadi atthasila.

“Kami akan mentasbihkan para wanita untuk menjalankan atau meninggalkan kehidupan duniawi dengan menjadi atthasila,” tutupnya.

Sekadar informasi, Waisak merupakan hari besar keagamaan bagi umat Buddha yang diperingati setiap tahun. Puncak dari perayaan Waisak 2023 di Indonesia akan dilaksanakan di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya