Begini Perjuangan Charly van Houten Ciptakan Imej Melayu

Bukan hal mudah bagi Charly van Houten untuk mengenalkan imej band beraliran Melayu kepada publik waktu itu.

 Charly van Houten. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Charly van Houten. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Penyanyi Charly van Houten kini memiliki penampilan baru dengan gaya rambut   mirip oppa-oppa atau model Korean.  Dengan model rambut pendek seperti itu, tak sedikit yang pangling lantaran berbeda jauh dari imej yang selama ini melekat di dirinya.

Sebagaimana diketahui penampilan Charly van Houten sebagai vokalis ST12 sudah sangat lekat di benak publik. Selain itu imej ST12 adalah sebagai band beraliran Melayu juga tak mudah dihapus begitu saja dari ingatan penggemar.

Bukan hal mudah bagi Charly van Houten untuk untuk menciptakan imej ST12, sebagai band pertama beraliran Melayu, pada masa itu. Semua itu diungkapkannya di channel Youtube Prost Club TV Ngobarr Bareng Gofar Hilman Dan Si Raja Melayu Charly van Houten seperti dikutip Solopos.com pada Rabu (15/9/2021).

“Sekarang gaya rambutnya berubah kayak oppa-oppa.. Ini ada agenda apa Charly? Pingin mengubah brand image kah? Ada yang bilang Bang Charly sekarang udah kayak Naruto. Tapi alasan elo apa? Gaya rambut lama kan ciri khas elo banget, elo nggak takut kayak kehilangan sosok Charly yang orang-orang sudah ngeh?” tanya Gofar Hilman sebagai pembawa acara.

“Sebetulnya memang rambut sosok Charly sendiri emang sudah melekat, trus dengan anting itu sudah 10 tahun lbh. Selama 10 tahun lebih dengan gaya rambut seperti itu. Dan sekarang aku harus nyoba ya dan orang di entertaint kan penampilan juga penting tapi dari aku sendiri yang terpenting adalah karya. Aku mengubah ini untuk supaya biar enggak monoton, buat rebranding, refresh, terus aku pikir ala-ala Korean kayak oppa seru juga nih teryata trending juga,” beber pria yang kembali bermusik di Setia Band ini.

Penampilan Charly saat jadi vokalis ST12 memang sangat khas. Waktu itu, dia identik dengan rambut belah tengah, anting besar, dan jaket Rollink.

“Dulu awal-awal pas pake anting, aku juga ditentang sama label sendiri. Jadi awalnya aku tu mikir aku akui vokal aku biasa aja aku ga ganteng. [Padahal] penyanyi yang  bagus banyak, yang ganteng banyak. Tapi bagaimana menciptakan penyanyi yang beda dan diingat banyak orang. Aku mikir pake anting tapi antingnya bukan yang biasa yang panjang kayak emak-emak. Produser langsung bilang apa-apaan kok pake anting? Gue  minta izin, izinin gue pakai anting 3 bulan, diizinin. Setelah 3 bulan gue copot dan rambut gue dipotong, trus produser ngelitain gue. Terus gue tanya kenapa? Dia bilang iya ya kalo enggak pake anting gue kayak nggak liat Charly. Orang dulu kenal Charly dengan antingnya, rambutnya, dan jaket Rollink,” bebernya.

Terkait jaket tersebut, pelantun Cari Pacar Lagi itu juga punya cerita tersendiri. Menurutnya jaket tersebut juga atas pesanan dirinya.

Selain penampilan, Charly van Houten juga harus mengubah vokalnya agar terdengar lebih Melayu sesuai brand image yang diusung ST12 waktu itu. Menurutnya untuk mengubah karakter suara itu tidak mudah, bahkan dia sempat diejek.

Basic gue tu jaz dan klasik. Awalnya referensi Melayu… waktu itu aku mikir kalau gue  bawain British waktu itu udah ada Peterpan. Peterpan sudah booming dengan British-nya. Emang berat perjuangannya gue dianggap band kampungan. Dulu udah bikin udah rekaman 2 lagu. Waktu itu aku benar-benar mengubah, mengemas vokal aku supaya mirip Melayu tapi Melayu Indonesia. Habis itu dengan beraninya aku membawakan format aliran baru sampe aku telepon si Adjie vokalisnya Dygta. Gue bilang Bro gue bikin rekaman, ta ajak ke studio. Terus dia bilang Bro sayang banget sih kok vokal elo jadi hancur gini?  Karena  biasanya gue  kan bawain lagu-lagu  Al Jarreau. Sayang banget vokal elo jadi  hancur,” paparnya.

Perjuangan pelantun Puspa itu tidak sia-sia. Nama ST12 mampu berkibar dan sukses memiliki imej sebagai band beraliran Melayu pertama di Indonesia.

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Lirik Lagu You Better Believe Me - Raisa feat Kara Chenoa

Berikut ini lirik lagu You Better Believe Me dari Raisa feat Kara Chenoa, yang baru saja dirilis pada Rabu, 15 September 2021 di Youtube.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Aries Mulai Bosan dengan Gosip, Pisces Perlu Berhemat

Ramalan zodiak hari ini menunjukkan Aries sedang geram karena terlalu sering nimbrung dalam dunia gossip. Sementara Pisces harus lebih menyadari kebutuhan untuk berhemat penting dilakukan.

Alicia Keys Bakal Rilis Film Dokumenter Rahasia Perjalanan Kariernya 30 September Nanti

Alicia Keys bakal muncul dalam film dokumenter tentang rahasianya dalam menjalani hidup berkarier sebagai penyanyi, ibu, istri.

Deddy Corbuzier Ungkap Fakta Susi Pudjiastuti Tidak Pernah Minum Obat

Susi Pudjiastuti memang tidak mengonsumsi obat, tapi bukan berarti dirinya menolak berkonsultasi pada dokter.

Penampilan Terlihat Sederhana, Harga Outfit Lesti Kejora Ternyata Fantastis

Bukan hanya Lesti Kejora, tak sedikit artis Indonesia gemar memakai outfit dengan harga fantastis sekalipun terlihat sederhana.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Capricorn Perlu Lebih Objektif dan Gemini Harus Tahan Aktivitas Tubuh

Berikut ramalan zodiak hari ini lengkap yang telah dirangkum Solopos.com dari horoscope.com edisi Kamis (16/9/2021)

Larissa Chou Ingatkan Jangan Jadi Palsu Supaya Terlihat Baik

Sebelumnya, Larissa Chou juga pernah menuliskan pesan senada yaitu be what you are because you were not born to impress someone.

Ikatan Cinta 16 September 2021: Mama Rosa Turun Tangan Selidiki Pelaku Teror, Al di Mana?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Kamis, 16 September 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Dibuka Kembali! Ini Jadwal Bioskop Hari Ini 16 September 2021

Sempat tutup selama PPKM Level 4, berikut ini jadwal lengkap bioskop XXI yang ada di Solo dan kota lainnya pada hari ini, Kamis, 16 September 2021.

Lirik Lagu Salah Tompo - Dory Harsa feat Nella Kharisma

Berikut ini lirik lagu Salah Tompo dari Dory Harsa feat Nella Kharisma, yang baru saja dirilis pada Senin, 13 September 2021 di Youtube dan trending.

Erick Thohir dan Agnez Mo Berbagi Resep Sukses, Mau Coba?

Menteri BUMN Erick Thohir dan Agnez Mo diminta menjabarkan tiga kata yang mewakili kesuksesan mereka.

Film Yuni Tayang Perdana di Toronto International Film Festival 2021

Selain tayang perdana, film Yuni juga akan berkompetisi di program Platform TIFF.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Cancer Dibayangi Masalah Komunikasi, Gemini Butuh Sederhanakan Masalah

Masalah komunikasi masih membayangi kehidupan Cancer, dan kemampuan untuk menyederhanakan masalah menjadi lebih ringan dibutuhkan Gemini.

Denny Sumargo Pernah Kehilangan Rp35 Miliar, Begini Kisahnya

Pengakuan Denny Sumargo punya uang hingga Rp35 miliar di usia 24 tahun itu tentu saja bikin Luna Maya dan Marianne Rumantir kaget.

Begini Perjuangan Charly van Houten Ciptakan Imej Melayu

Bukan hal mudah bagi Charly van Houten untuk mengenalkan imej band beraliran Melayu kepada publik waktu itu.

Ikatan Cinta 15 September 2021: Penyusup Berhasil Masuk Pondok Pelita, Al dalam Bahaya?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Rabu, 15 September 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.