SOLOPOS.COM - Pencipta lagu Ojo Dibandingke, Abah Lala, menunjukkan surat Hak Kekayaaan Intelektual (HAKI) yang diberikan Kementerian Hukum dan HAM di ruang studio yang ada di rumahnya, Rabu (24/8/2022). (Solopos.com/Nova Malinda)

Solopos.com, BOYOLALI — Pencipta Lagu Ojo Dibandingke, Abah Lala, memiliki sederet pengalaman yang menarik dalam kariernya di dunia musik. Berikut  kisah Abah Lala yang belakangan ini menjadi perbincangan publik lewat lagu ciptaannya yang viral, Ojo Dibandingke.

Abah Lala mengenal dunia kesenian sejak kecil. Perjalanannya mengenal seni musik dimulai saat dirinya kerap mengikuti orang tua bekerja.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Karier saya di bidang seni itu cuma mengikuti bapak. Bapak saya pengrawit gamelan. Saya ngikutin terus,” ujar dia saat dijumpai Solopos.com di rumahnya, Rabu (24/8/2022).

Saat itu Abah Lala masih berusia belasan tahun atau baru duduk di bangku kelas VIII SMP. Abah Lala selalu mengikuti ayahnya setiap kali ada pertunjukan seni yang membutuhkan pengrawit gamelan. Sejak saat itu, ia mulai mengenal dan belajar dunia kesenian, khususnya alat musik gamelan.

Abah Lala pun semakin mendalami dunia karawitan, berjalannya waktu ia mengenal dan bergabung dalam sebuah grup campursari. Namun, baru menekuni campursari ia dikeluarkan dari grup tersebut.

Baca juga: Catat Lur! Abah Lala bakal Tampil di Cepogo & Pengging Boyolali September Ini

“Kebetulan ada suatu masalah di campursari, jadi saya dikeluarkan, itu waktu saya SMA, sekitar 18 tahun yang lalu,” ucap dia.

Sejak keluar dari grup campursari, Abah Lala merasa kebingungan. Ia kemudian mengumpulkan pemuda di desanya dan mengajak mereka membuat sanggar seni, Saleho Karya Budaya.

Setelah mendirikan Saleho Karya Budaya, Abah Lala kemudian membuat grup musik Musik Gila (MG) 86 yang membawakan musik-musik dangdut berbahasa Jawa maupun campursari. Bersama MG 86, Abah Lala juga menciptakan berbagai lagu yang viral atau populer di kalangan masyarakat Jawa seperti Wong Edan Kui Bebas, Gede Roso, hingga Ojo Dibandingke.

Baca juga: Lagu Ojo Dibandingke di Karnaval, Membuat Bupati dan Wabup Grobogan Berjoget

Abah Lala juga dikenal lewat jargon unik Cendol Dawet. Jargon Cendol Dawet itu cukup populer di kalangan pencinta musik dan sempat dibawakan sejumlah artis papan atas di sela penampilannya seperti Ayu Tingting, Soimah, hingga mendiang Didi Kempot.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya