SOLOPOS.COM - Kepala Dusun Karangngawen Yuono menunjukan sinkhole yang berada di lahan pertanian di Dusun Karangawen, Karangawen, Girisubo, Gunungkidul, Senin (6/1/2019). (Harian Jogja/David Kurniawan)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL – Sinkhole yang muncul di sawah milik warga Dusun Karangawen, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menghebohkan. Munculnya lubang tersebut menjadi pertanyaan banyak orang.

Nah, tahukah Anda bagaimana sinkhole terbentuk? Pakar geografi lingkungan dari Universitas Gadjahmada (UGM), Yogyakarta, Suratman, menjelaskan amblasnya tanah di lahan pertanian warga Gunungkidul disebabkan struktur tanah di area karst alias bebatuan kapur dan berpori.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

“Pertama [lubang menganga di Gunungkidul terbentuk] dari faktor batuan batu gamping yang punya fragmen-fragmen ya, pecah-pecah itu. Nah, [fragmen] pecah-pecah ini bagian dari kalau ada air [menjadi] tempat untuk larut ke bawah," jelasnya, seperti dilansir Detik.com, Senin (6/1/2020).

Fragmen di lahan karst itu lama-kelamaan tertutup tanah. Tanah itu lantas dimanfaatkan warga, salah satunya untuk bercocok tanam. Sayangnya, struktur tanah yang terbentuk lembek karena berada di fragmen karst.

"Kemudian [ketika] ada air menggenang maka ini kan struktur tanah dengan batu [karst] menjadi lembek dan tanah itu menjadi turun. Nah, waktu turun itu akan terjadi semacam [lubang] berdiamater yang amblas, namanya sinkhole,” tuturnya.

Suratman menduga ada sungai bawah tanah di sekitar lokasi sinkhole di Gunungkidul itu. Namun, dia tidak bisa memastikan lantaran belum dilakukan penelitian.

“Ya mesti [lubangnya] sambung dengan sungai [bawah tanah]. Tapi, berapa jaraknya itu yang perlu ditelusuri,” sambung dia.

Menurut Suratman ada dua hal yang bisa dilakukan dengan sinkhole tersebut. Yakni membiarkannya secara alamiah atau melakukan konservasi dengan menutup lubang.

Jika hendak ditutup, maka lubang itu harus disemen atau ditutup plastik agar tanah di atasnya bisa dipakai bercocok tanam lagi. “Tinggal tujuannya seperti apa,” imbuh dia.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, sinkhole tersebut berdiameter sekitar tiga meter dengan kedalaman mencapai lima meter. Lubang itu menganga di tengah sawah milik warga seusai diguyur hujan deras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya