Begini Pengamanan pada Leg II Final Piala Menpora di Stadion Manahan Solo

Tensi duel leg II final Piala Menpora antara Persib Bandung kontra Persija Jakarta di Stadion Manahan, Minggu (24/4/2021) malam, diprediksi kian meningkat.

 Presiden Pasoepati, Maryadi Gondrong (kiri) dan salah satu pendiri Pasoepati, Mayor Haristanto, membentangkan poster menyambut final leg II Piala Menpora antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta di Jalan Slamet Riyadi, kawasan Ngarsopura, Sabtu (24/4/2021). (Solopos/Chrisna Chanis Cara)

SOLOPOS.COM - Presiden Pasoepati, Maryadi Gondrong (kiri) dan salah satu pendiri Pasoepati, Mayor Haristanto, membentangkan poster menyambut final leg II Piala Menpora antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta di Jalan Slamet Riyadi, kawasan Ngarsopura, Sabtu (24/4/2021). (Solopos/Chrisna Chanis Cara)

Solopos.com, SOLO — Tensi duel leg II final Piala Menpora antara Persib Bandung kontra Persija Jakarta di Stadion Manahan, Minggu (24/4/2021) malam, diprediksi kian meningkat.

Itu adalah laga hidup mati kedua tim setelah di leg sebelumnya Persija unggul meyakinkan dengan skor 2-0. Meski demikian panpel memastikan pengamanan bakal berjalan seperti laga-laga sebelumnya.

Ketua panpel Piala Menpora di Solo, Paulus Haryoto, mengatakan sejauh ini tidak ada instruksi untuk menambah personel keamanan jelang final leg II akhir pekan ini. Pihaknya menilai suporter dari kedua belah kubu sudah cukup dewasa untuk tidak nekat nglurug ke stadion. Hal itu, imbuhnya, sudah terbukti pada final leg I di Sleman.

Baca Juga: Dana Bagi Hasil Cukai Bisa untuk Beli Mesin Pembuat Rokok di KIHT Kudus

“Saat leg pertama tidak ada pergerakan suporter yang berarti, cenderung landai. Ini artinya suporter sudah bertanggung jawab,” ujar Paulus saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (24/4/2021).

Namun panpel menyatakan bakal tetap melakukan upaya antisipatif seperti laga-laga sebelumnya. Menurut Paulus, ada sekitar 150 personel keamanan yang bakal disebar di empat zona di Stadion Manahan. Petugas keamanan terbanyak bakal ditempatkan di zona empat yakni kawasan luar stadion dengan 77 personel.

Personel di kawasan terluar ini bertugas menghalau suporter yang hendak memasuki stadion. “Jumlahnya masih sama seperti laga-laga sebelumnya, 150 orang [keamanan],” tutur Ketua Askot PSSI Solo itu.

Lebih jauh, panpel berkonsentrasi dengan para tamu undangan serta seremonial juara pada laga nanti. Paulus mengatakan sejumlah pejabat seperti Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, direncanakan hadir. Disinggung ihwal peluang kehadiran Presiden Joko Widodo, dia belum dapat memastikan. “Belum ada kabar.”

Sementara itu kelompok pendukung Persija dan Persib di Solo kompak tak akan nekat mendatangi stadion saat laga maupun usai laga. Perwakilan Jakmania Solo, Doni Putra Nuriawan, mengatakan kelompok sudah mengimbau 100-an anggotanya agar menonton bola dari rumah masing-masing.

Baca Juga: Istri ABK KRI Nanggala-402 Asal Wonogiri Yakin Suaminya Selamat: Pasti Ada Mukjizat

Jakmania, imbuhnya, juga tak akan menggelar nonton bareng (nobar) untuk mengantisipasi kerumunan. “Kami berkomitmen untuk tetap nonton bola dari rumah,” ujarnya.

Anggota Viking Solo, Acil, mengatakan kelompoknya juga tak akan mengunjungi stadion. “Sudah ada larangan tanpa penonton, kami enggak mau melanggar. Namun soal nobar memang kadang ada kawan yang masih menggelar, yang penting tetap menjaga protokol kesehatan saja.”


Berita Terkait

Berita Terkini

Prokes Di Stadion Manahan Jadi Contoh, Kesuksesan Piala Menpora Modal Utama Menuju Liga

Ketatnya penerapan prokes membuat tidak ada indikasi klaster Covid-19 di Piala Menpora yang telah berlangsung sebulan lebih.

Laga Leeds Versus MU Berakhir Tanpa Gol di Saat Gema Protes #GlazersOut

Laga pekan ke-33 Liga Inggris antara Leeds United vs Manchester United berakhir imbang 0-0 di Stadion Elland Road, Minggu (25/4/2021).

Juarai Piala Liga Inggris, Manchester City Samai Rekor Liverpool

Manchester City menyamai rekor Liverpool sebagai klub tersukses pada kompetisi Piala Liga Inggris, setelah menjuarai edisi 2020/21.

Tak Hanya Hadiah Rp2 Miliar, Persija bakal Diguyur Bonus Seusai Menang Piala Menpora

Selain mendapat hadiah Rp2 miliar dari panitia, penggawa Persija masih akan diganjar bonus dari manajemen seusai menang Piala Menpora.

Striker Persis Solo Top Scorer Piala Menpora 2021

Assanur Rijal, striker Persiraja Banda Aceh, yang baka menjadi striker Persis Solo dinobatkan sebagai top scorer Piala Menpora 2021.

Beto Segera Gabung Persis Solo, Kaesang Sudah Bertemu Sang Agen

Striker Alberto Goncalves atau yang akrab disapa Beto dikabarkan selangkah lagi bergabung dengan Persis Solo. Kabarnya, Beto akan bergabung dengan status pinjaman.

Negosiasi dengan Persis Solo Mentok, Kiper Ini Bertahan di Persiraja

Persis Solo dipastikan gagal memboyong kiper Fakhrurrazi Quba. Pemain 31 tahun itu memilih bertahan di Persiraja Banda Aceh.

90% Pemain Persis Solo Sudah Teken Kontrak, Siapa Saja?

Persis Solo mengebut finalisasi kontrak pemain pada sepekan terakhir. Manajemen menyatakan 90% skuad telah menerima kontrak secara resmi untuk bertarung di Liga 2 2021.

Begini Pengamanan pada Leg II Final Piala Menpora di Stadion Manahan Solo

Tensi duel leg II final Piala Menpora antara Persib Bandung kontra Persija Jakarta di Stadion Manahan, Minggu (24/4/2021) malam, diprediksi kian meningkat.

Prediksi Skor & Susunan Pemain Leeds United Vs Manchester United

Duel Leeds United vs Manchester United akan meramaikan Liga Premier Inggris pada akhir pekan ini. Siapa yang akan menang?

Prediksi Persib Bandung Vs Persija Jakarta: Maung Bandung Pantang Lempar Handuk

Persib Bandung dalam posisi serba sulit jelang duel melawan Persija Jakarta pada leg II final Piala Menpora 2021.

Persis Solo Targetkan Beto & Marckho Meraudje, Pakai Lobi Dewa?

Bos Persis Solo, Kaesang Pangarep, dikabarkan belum puas dengan komposisi skuat saat ini dan ingin mendatangkan sejumlah pemain bintang lain.

Persis Solo Boyong Mantan Bek Liga Denmark Reuben Silitonga

Manuver mengejutkan kembali ditunjukkan Persis Solo usai memboyong pemain Indonesia yang berpengalaman di Liga Filipina, Reuben Silitonga.

Misi ke Puncak Real Madrid Gagal Seusai Hanya Main Imbang 0-0 Lawan Betis

Real Madrid gagal naik ke puncak klasemen Liga Spanyol setelah cuma seri 0-0 melawan Real Betis dalam laga pekan ke-32 di Stadion Alfredo di Stefano,

Jelang Persija Versus Persib, Ini Tekad Pelatih Sudirman...

Pelatih Persija Jakarta Sudirman bertekad menampilkan semua kemampuan terbaik untuk memenangi pertandingan melawan Persib Bandung.

Gol Tunggal Timo Werner Mantapkan Chelsea di Empat Besar Klasemen Liga Inggris

Timo Werner berbuka puasa gol di Liga Inggris demi memantapkan Chelsea di empat besar klasemen sementara setelah mengalahkan West Ham United 1-0.