Begini Penampakan Rumah Masa Kecil Tjahjo Kumolo di Semarang

Begini suasana rumah masa kecil Tjahjo Kumolo di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), beberapa saat setelah kabar duka politikus PDIP itu tersiar.

 Penampakan rumah Tjahjo Kumolo di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (1/7/2022). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Penampakan rumah Tjahjo Kumolo di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (1/7/2022). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo, meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Jakarta, Jumat (1/7/2022) siang. Meski lahir di Surakarta, Tjahjo Kumolo sejatinya menghabiskan masa kecil hingga dewasa di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Berikut penelusuran Solopos.com di rumah masa kecil Tjahjo Kumolo di Jalan Citarum Utara Nomor 16, Semarang Timur, Kota Semarang, Jumat siang.

Sejumlah orang tampak berkumpul di rumah bercat merah di Jalan Citarum Utara Nomor 6, Semarang Timur, Kota Semarang, itu tampak ramai. Rumah itu rupanya milik Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo, yang meninggal dunia pada usia 64 tahun.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Mereka berkumpul seusai mendengar kabar Tjahjo Kumolo tutup usia di RS Abdi Waluyo, Jakarta, Jumat siang, sekitar pukul 11.10 WIB. Pemilik rumah yang juga keponakan Tjahjo Kumolo, Adrin Rachmatsyah, 27, mengaku baru mendengar kabar duka tersebut.

Ia mengaku bahwa rumah yang sekarang ditempati keluarganya itu merupakan rumah Tjahjo masa kecil. “Ini rumah Pak Tjahjo sejak kecil. Sekarang yang tinggal di sini bapak saya, adik ipar pakdhe [Tjahjo Kumolo],” ujar Adrin saat dijumpai Solopos.com di lokasi, Jumat siang.

Adrin mengaku mendapat kabar pamannya itu sakit dan dirawat di rumah sakit sejak sepekan lalu. Sedangkan, kabar Tjahjo meninggal dunia diperolehnya sekitar pukul 11.30 WIB.

Baca juga: Dari Abu Dhabi Jokowi Sampaikan Belasungkawa Tjahjo Kumolo Wafat

Adrin mengaku meski sudah tidak tinggal di rumah tersebut, sejumlah peninggalan Tjahjo masih tersimpan di rumah itu. Bahkan ada satu ruangan yang khusus diperuntukkan untuk menyimpan barang-barang milik Menteri PAN-RB itu.

Ruangan Khusus

rumah tjahjo kumolo
Sejumlah barang berharga milik Tjahjo Kumolo di rumahnya di Kota Semarang. (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

“Ada penghargaan, patung, lukisan lalu juga motor klasik. Terus ada juga buku, itu [buku] satu rak lemari,” terang dia.

Kendati demikian, Adrin mengaku tidak pernah menjamah ruangan milik Tjahjo Kumolo. Hal itu dikarenakan ruangan itu banyak terdapat barang-barang berharga milik Tjahjo Kumolo.

“Banyak barang berharga soalnya. Jadi kami sebagai pemilik rumah tidak pernah melewati ruangan ini. Seringnya lewat samping,” lanjut dia.

Baca juga: Tjahjo Kumolo Meninggal, Rudy Kenang Momen Cium Tangan Gegara TKPK

Saat ditanya terakhir bertemu sosok Tjahjo Kumolo, Adrin mengaku sekitar sebulan lalu. Selain itu, ia mengaku jika Tjahjo kerap pulang ke Semarang antara tiga atau empat bulan sekali.

“Tidak pasti. Soalnya kita tahu sendiri di sana beliau sibuk,” imbuh dia.

Sekadar informasi, Kota Semarang menjadi tempat Tjahjo Kumolo untuk menimba ilmu. Mulai pendidikan sekolah dasar (SD) hingga lulus dari Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip).

Karier politik yang dijalani Tjahjo Kumolo tak jauh berbeda dengan apa yang dijalani orang tuanya. Kedua orang tua Tjahjo juga tercatat sebagai anggota DPR pada masa Orde Baru.

Kemudian, pada kepemimpinan Presiden Joko Widodo, Tjahjo Kumolo dipercaya untuk menduduki posisi menteri. Pada 2014-2019 lalu, kader PDIP itu diamanahi jabatan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), kemudian Plt Menteri Hukum dan HAM dan terakhir sebagai Menteri PAN-RB.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Wow! Pemuda Semarang Ternak Emprit, Harganya Capai Rp10 Juta Per Pasang

      Pemuda asal Kota Semarang membudidayakan burung emprit yang harganya mencapai Rp10 juta per pasang.

      Siswa SMK Semarang yang Terseret Ombak di Parangtritis Belum Ketemu

      Seorang siswa SMK Kartini Semarang yang terseret ombak di Pantai Parangtritis belum ditemukan sampai sekarang.

      Komunitas Sepeda dan Satlantas Grobogan Gelar Detik-Detik Proklamasi

      Komunitas sepeda tua, Satlantas Polres Grobogan dan warga menggelar upacara bendera Detik-Detik Proklamasi di sejumlah ruas jalan.

      Mobil di Grobogan Terbakar, Pemilik Mengalami Luka Bakar

      Satu unit mobil terbakar di Dusun Demangan, Desa Ngabenrejo, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Rabu (17/8/2022). Satu orang menderita luka bakar.

      HUT Ke-77 RI, 184 Narapidana Lapas Purwodadi Terima Remisi Umum

      Kemenkum HAM memberikan remisi umum dalam rangka HUT-77 RI kepada 184 narapidana Lapas Kelas II B Purwodadi.

      Siswi SMA N 2 Kudus Jadi Pembawa Bendera Upacara HUT ke-77 RI di Istana

      Siswi SMA N 2 Kudus, Jawa Tengah, I Dewa Ayu Firsty menjadi pembawa bendera merah putih dalam upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022). 

      Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini, Cerah Berawah di Hari Kemerdekaan

      Berikut prakiraan cuaca di Semarang pada hari ini, Rabu (17/8/2022) atau bertepatan dengan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Unik! Malam Tirakatan di Purworejo, Warga Malah Diajak Bayar PBB

      Warga Parikesit, Kelurahan Pangenjuru Tengah, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, memiliki cara unik melaksanakan malam tirakatan memperingati HUT ke-77 RI, Selasa (16/8/2022).

      Kronologi Pengeroyokan yang Sebabkan Pemuda di Kendal Meninggal

      Berikut kronologi pengeroyokan yang menyebabkan seorang pemuda di Desa Plantaran, Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, meninggal dunia.

      PHMI Ingin Ekspansi ke Jateng, Ini Misi yang Diusung

      Perkumpulan Hotel dan Media Indonesia atau PHMI berencana melakukan ekspansi atau melebarkan sayapnya di wilayah Jawa Tengah (Jateng).

      Pelajar SMK Semarang Terseret Ombak Parangtritis, Begini Kata Orang Tua

      Pelajar SMK di Semarang terseret ombak saat berwisata di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

      Galau Kena Tilang, Pemuda di Semarang Letakkan Sabu-Sabu di Pos Polisi

      Aparat Polrestabes Semarang menangkap seorang pemuda yang berniat meletakkan narkoba jenis sabu-sabu di dekat Pos Polisi Bangkok, Jalan M.T. Haryono.

      Unik, Petugas Satpas SIM Polres Grobogan Pakai Baju Adat dan Pejuang

      Merayakan HUT ke-77 RI, petugas layanan SIM Satlantas Polres Grobogan kenakan baju adat dan pejuang, Selasa (16/8/2022).

      Wow! HUT ke-77 RI, Warga Kudus Bentangkan Bendera Merah Putih 1,44 Km

      Bendera Merah Putih sepanjang 1,44 km terbentang di jalan Desa Honggosoco, Kudus, untuk menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Terinspirasi Jokowi, Ganjar Akan Kenakan Baju Adat saat Upacara HUT RI

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku terkesima dengan baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi saat mengikuti Sidang Tahunan MPR.