Penampakan kilat di atas Gunung Lawu, Senin (19/11/2018) pukul 18.30 WIB. (Instagram-@ics_infocegatansolo)

Solopos.com, SOLO — Fenomena alam berupa cahaya kilat yang terus menerus menyambar terjadi di langit sekitar Gunung Lawu, di perbatasan antara Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng) dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Jatim). Peristiwa itu terekam kamera dan menjadi video viral di media sosial.

Salah satu akun Instagram yang mengunggah video fenomena alam itu, @ics_infocegatansolo, membeberkan peristiwa tersebut terjadi pada Senin (19/11/2018) sekitar pukul 18.30 WIB. "Gunung Lawu 18:30 tadi," tulis pengelola akun Instagram tersebut.

Berdasarkan video yang diunggah, memang tampak kilat beberapa kali menyala di atas Gunung Lawu. Langit gelap pun beberapa kali berubah sangat terang karena cahaya kilat tersebut.

Sontak fenomena alam itu memicu perhatian warganet yang kemudian melontarkan berbagai macam komentarnya. Atas kilat yang terus menerus menyambar itu, banyak yang cemas dan berharap tak ada musibah yang terjadi di sekitar Gunung Lawu.

"Berdoa saja tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tulis pengguna akun Instagram @fernando.duta.

"Ya Allah semoga ndak terjadi apa-apa," imbuh penggna akun Instagram @makamelok.

Terlepas dari rasa cemas netizen, fenomena alam seperti itu memang wajar terjadi saat musim penghujan. Dikutip dari Wikipedia, kilat seperti itu merupakan bagian dari petir yang terjadi karena bertemunya awan bermuatan listrik negatif dan awan bermuatan listrik positif.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten