SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita hamil (freepik)

Solopos.com, SOLO — Mempunyai momongan tentu saja menjadi cita-cita bagi setiap pasangan yang sudah menikah. Selama proses kehamilan, juga akan banyak sekali usaha yang harus dilakukan oleh ibu hamil dan juga pasangannya agar proses kehamilan lancar.

Berbagai upaya dilakukan agar mom dan baby-nya sehat selama proses kehamilan hingga kelahiran nanti. Tapi, kesel gak sih kalau ibu hamil mau tidur tapi bingung karena semua posisi terasa gak nyaman?

Padahal ibu hamil harus bisa tidur dengan nyaman, karena hal itu berdampak terhadap kesehatan si bumil dan bayinya loh. Bila tidur sang bunda tidak nyenyak, badan akan menjadi tidak fit, cepat lelah, bahkan tumbuh kembang janin bisa terganggu karenanya.

Baca juga: Coba Yuk! Ini Tips Mencegah Mata Lelah saat Kegiatan Daring

Terus bagaimana sih posisi tidur yang baik dan nyaman untuk ibu hamil? Sebenarnya tidak ada aturan khusus sih, tapi tentunya posisi yang aman adalah telentang, miring kanan, ataupun kiri. Tapi ingat loh, jangan sampai ibu hamil tidur dalam posisi tengkurap ya! Karena selain bikin gak nyaman, janin pun bisa tertekan di dalam rahim.

Dokter kandungan RS JIH, dr. Bima Suryantara, Sp.OG (K), akan membagikan tips agar tidur ibu hamil tetap nyaman bahkan di saat kandungan sudah membesar. “Pertama buat suasana kamar jadi tenang, jika suasana tenang maka otak akan jadi rileks sehingga ngantuk lebih cepat. Selanjutnya buat cahaya jadi remang-remang dan gunakan warna yang menenangkan di kamar agar membawa efek tenang,” kata dia seperti dikutip dari laman rs-jih.co.id, Rabu (17/11/2021).

Jangan lupa, lanjut dia, bumil sebaiknya membiasakan buang air kecil sebelum tidur. Karena kalau tidak, nantinya bumil bisa terbangun di malam hari karena ingin pipis lalu susah tidur lagi.

Baca juga: Cegah Sejak Dini, Vaksinasi MR Lindungi Anak dari Campak & Rubella

Rekomendasi
Berita Lainnya