Ilustrasi manula. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Beragam gangguan kesehatan pada manula sering dirasa mengganggu yang bersangkutan dan keluarga mereka. Oleh karena itu, butuh cara tepat untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut.

Dokter spesialis penyakit dalam di RS dr. Oen Kandang Sapi Solo, Isbianto Sutedjo, menjelaskan kepada Solopos.com, Kamis (16/1/2020), beberapa cara mengatasi gangguan kesehatan pada manula. Simak informasi selengkapnya berikut:

Immobility

Immobility atau kurang bergerak bisa ditangani dengan terapi fisik, perubahan posisi berbaring secara berkala, penggunaan tempat tidur khusus, dan menjaga asupan nutrisi serta cairan.

Instability

Instability merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan manula mudah jatuh. Perlu pengobatan penyakit penyebabnya, pencahayaan, alat bantu jalan, benda-benda di lantai dirapikan, lantai tidak licin, pegangan di kamar mandi.

Incontinence

Incontinence adalah buang air besar dan kencing yang tidak terkontrol. Langkah yang diambil adalah pengobatan berdasar penyebabnya.

Intellectual impairment

Intellectual impairment adalah gangguan intelektual/demensia. Penanganannya yakni dengan mengobati penyakit penyebabnya, obat-obatan, sering membaca, dan berhitung.

Infection

Infection atau mudah terkena infeksi yang terjadi pada manula pengobatannya harus dikonsultasikan dengan dokter.

Impairement of hearing, vision and smell

Impairement of hearing, vision and smell atau gangguan pendengaran, penglihatan, dan penciuman bisa diatasi dengan membersihkan kotoran di telinga, penggunaan alat bantu dengar, kacamata, hingga operasi katarak.

Isolation

Isolation atau depression (depresi) harus ditangani dengan perhatian dan pendampingan penuh dari keluarga.

Inanition

Inanition adalah malnutrisi biasa terjadi akibat gangguan mengunyah yang bisa dibantu dengan pemasangan gigi palsu, pendampingan, dan mengonsumsi asupan nutrisi yang tepat.

Impecunity

Impecunity adalah gangguan finansial yang menyebabkan stres. Salah satu solusinya yakni anak membantu keuangan orang tua.

Iatrogenic

Iatrogenic adalah gangguan akibat pengaruh obat-obatan yang harus diawasi dokter.

Insomnia

Insomnia atau sulit tidur harus ditangani dengan cara mengobati penyakit yang menyebabkannya ditambah berolahraga.

Immuno-defficiency

Immuno-defficiency merupakan gangguan kesehatan berupa penurunan sistem kekebalan tubuh. Hal ini tidak bisa dihindari seiring pertambahan usia. Tetapi, jika karena penyakit diabetes, maka bisa dihindari dengan menjaga kadar gula darah.

Impotence

Impotence atau gangguan seksual yang terjadi karena faktor usia sulit diatasi. Tetapi jika karena penyakit sebaiknya diobati penyakit penyebabnya.

Impaction

Impaction atau sulit buang air besar bisa ditangani dengan meningkatkan asupan serat, cairan, aktivitas fisik, dan minum obat pencahar.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten