SOLOPOS.COM - Ilustrasi petugas medis virus corona. (Reuters)

Solopos.com, SRAGEN – Seorang pasien Covid-19 di Sragen telantar selama 1,5 jam di rumah sakit. Keluarga pun membawa pasien berinisial Kl itu kembali ke rumah.

Kl, 61, merupakan warga Sragen Kulon, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen. Dia mengalami sakit demam selama sepekan. Ternyata, dua hari sebelumnya, ibu Kl meninggal dunia dan dimakamkan dengan protokol kesehatan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

BA, selaku anak dari Kl, menceritakan kronologi lengkap ibunya telantar di rumah sakit Sragen setelah dinyatakan sebagai pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Awalnya, Kl dibawa keluarga ke sebuah klinik kesehatan di Sragen Wetan pada Rabu (16/6/2021) pagi WIB, karena demamnya tak kunjung sembuh.

Baca Juga: Pemkab Magelang Tertibkan Aset Plaza Muntilan

Oleh petugas di klinik itu, pasien itu disarankan dirujuk ke RS lain karena pernapasannya terganggu. Akhirnya Kl dibawa ke RS Mardi Lestari. Di sana sempat di-swab antigen dan hasilnya positif Covid-19.

“Ibu saya juga punya riwayat pernah mondok di RS karena penyakit kolestrol atau lemak jahat. Saat itu saya minta tolong ibu saya segera diberi bantuan oksigen dan infus. Tapi dari pihak RS menyatakan tidak memiliki ruangan khusus pasien Covid-19,” ujar BA, kepada Solopos.com, Rabu petang.

Selanjutnya, keluarga membawa KI ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Namun, ia mendapat jawaban dari petugas jaga bila kondisi IGD tengah penuh. Ia diharuskan menunggu sampai ada kepastian tersedianya ruang.

“Saya menunggu sekitar 1,5 jam lamanya. Kasihan ibu saya yang tidak segera tertangani. Ia menunggu terlalu lama di mobil. Dia butuh oksigen dan infus. Karena tidak ada kepastian, akhirnya ibu saya bawa pulang,” ujar BA.

Saat ini, KI dirawat sendiri di rumah oleh keluarganya. Beruntung, BA memiliki teman tenaga medis yang membantu menyediakan bantuan oksigen dan infus. Rencananya, setelah kondisinya stabil, KI akan dibawa ke RS di Kota Solo. “Saya belum tahu apakah ibu saya bisa dirawat di RS di Solo jika tidak ada surat rujukan dari dokter di Sragen,” paparnya.

Baca Juga: Ada Kampus Jamu di Solo, Satu-Satunya di Indonesia Hlo

Menanggapi hal itu, Direktur RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen, dr. Didik Haryanto, mengaku belum bisa memastikan terkait kondisi bed occupancy ratio (BOR) pada Ruang ICU maupun ruang isolasi khusus pasien Covid-19. Namun, kata dia, RSUD Sragen selalu berusaha maksimal melayani semua pasien Covid-19.

“Mungkin tadi di IGD masih penuh dan [pasien] masih menunggu hasil swab PCR [polymerase chain reaction]. Setelah PCR keluar, biasanya langsung dirawat. Sebaiknya, pasien dirawat di RS. Dengan adanya keluhan, bisa berbahaya [jika dirawat di rumah],” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya