SOLOPOS.COM - Pemain Manchester City merayakan kemenangan 4-0 atas Chelsea pada babak ketiga Piala FA 2022-2023 di Etihad Stadium, Minggu (8/1/2023). (Twitter @ManCity)

Solopos.com, SOLO—Berikut kronologi Manchester City terancam sanksi pengurangan poin, degradasi maupun dicopot gelar juara yang pernah diraih karena kasus melanggar aturan Financial Fair Play (FFP) Liga Premier.

Liga Premier melalui laman resminya memaparkan aturan FFP mengizinkan sebuah tim mengalami kerugian 105 juta pounds dalam waktu tiga tahun. Hal berbeda tertulis dalam aturan UEFA yang hanya menolerir kerugian sebesar 53 juta pounds.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam pernyataannya, Liga Premier mendakwa Manchester City telah melakukan pelanggaran lebih dari 100 kali kasus dalam kurun waktu 9 tahun. Pelanggaran ini mencakup beberapa aspek, mulai dari finansial klub, renumerasi nilai kontrak, laporan keuangan fiktif, dan lain sebagainya.

Liga Premier tak membagikan secara detail kasus pelanggaran yang dilakukan Manchester City. Penyelenggara Liga Inggris itu menyatakan penyelidikan akan berlangsung tertutup.  Yang jelas, The Citizens  terancam sanksi berat jika akhirnya dinyatakan bersalah melanggar aturan FFP Liga Inggris.

Kasus ini bermula dari lima tahun lalu ketika media Jerman Der Spiegel membuat investigasi terkait laporan keuangan sejumlah klub, termasuk Manchester City. Dalam laporan Der Spiegel, Manchester City dituding merekayasa laporan keuangan mereka.

UEFA alias federasi sepak bola Eropa mengambil langkah untuk menyelidiki kasus ini. Namun, Manchester City berhasil lolos dari hukuman.

Meski begitu, Liga Premier ternyata melakukan investigasi sendiri di luar UEFA sejak saat itu hingga kini. Dakwaan Liga Premier  juga terbilang lebih berat daripada UEFA.

Tim milik Sheikh Mansour itu pun tidak mendapat hak banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Saat ini kasus Manchester City ditangani oleh Independent Commision secara tertutup. Komisi ini diisi oleh perwakilan liga dan dari pihak klub.

Kasus Manchester City ini diprediksi berlangsung dalam waktu lama. Maklum, kedua pihak baik Premier League maupun klub akan saling beradu bukti dan argumen.

Manchester City terancam hukuman berat jika terbukti bersalah dalam kasus pelanggaran aturan FFP Liga Premier. Beberapa hukuman yang mungkin diterima Manchester Biru adalah pengurangan poin hingga yang paling parah dikeluarkan dari Liga Inggris. Pengurangan poin akan langsung diberikan pada musim ketika Manchester City dinyatakan bersalah.

 

Berikut daftar risiko hukuman kasus Manchester City:

1.Larangan bermain di liga

2.Pengurangan poin

3.Merekomendasikan pada dewan pengurus untuk memainkan ulang pertandingan yang dianggap bermasalah

4.Merekomendasikan pada dewan pengurus untuk mengeluarkan klub yang terkait

5.Menentukan nilai hukuman kompensasi

6.Membatalkan atau menghukum larangan mendaftarkan pemain

7.Memerintahkan klub terkait untuk membayar denda

8.Menentukan jenis hukuman lain yang dianggap pantas

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Kronologi Manchester City Melanggar Aturan FFP dan Ancaman Sanksinya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya