SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Jumlah pengunjung tempat wisata Madiun Umbul Square di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, merosot tajam saat bulan Ramadan 2019. Pada hari aktif pengunjung objek wisata ini hanya belasan sampai puluhan orang.

Pantauan Madiunpos.com di lokasi wisata itu, Minggu (12/5/2019) siang, suasana di taman wisata kebanggaan masyarakat Madiun itu lengang. Hanya ada beberapa wisatawan datang berkunjung dan melihat koleksi binatang di kebun binatang mini di Umbul Square.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Madiun Umbul Square, Afri Handoko, mengatakan pada saat awal Ramadan ini lokasi wisata Umbul Square sangat sepi. 

Dia menuturkan pada waktu akhir pekan biasanya jumlah pengunjung yang datang bisa mencapai 2.000 orang. Namun, pada saat Ramadan jumlah pengunjung hanya sekitar 200 orang pada hari Minggu.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kalau hari aktif rata-rata pengunjungnya hanya antara 13 sampai 20 orang saja,” ujar dia saat dihubungi Madiunpos.com, Senin (13/5/2019).

Afri menganggap kondisi tersebut sebagai sesuatu yang wajar. Diprediksi, pengunjung Umbul Square akan mulai meningkat pada satu pekan akhir sebelum Lebaran hingga masa Lebaran.

Pada saat Lebaran justru jumlah pengunjung akan berlipat-lipat dibandingkan pada hari biasa. Saat momen Lebaran banyak masyarakat dari luar kota yang mudik ke Madiun dan membutuhkan tempat wisata untuk berkumpul.

Untuk diketahui, wahana wisata utama di Madiun Umbul Square ada di kolam renang. Selain kolam renang, kata Afri, di Umbul Square juga ada kebun binatang mini. Di kebun binatang ini ada sekitar 200 ekor binatang yang terdiri atas jenis mamalia, reptil, hingga aves.

“Sini paling banyak justru mamalianya. Semua hewan di sini berkembang dengan baik. Kami juga berhasil mengembangbiakkan burung merak hijau,” jelas dia.

Seorang penjaga odong-odong di Madiun Umbul Square, Patmi, mengaku sejak hari pertama puasa taman wisata Umbul sepi. Tidak banyak warga yang datang untuk berwisata pada saat Puasa.

“Sepi banget. Tapi nanti akhir Puasa sampai Lebaran ramai lagi,” ujar dia. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya