Begini Kondisi Terkini Bayi 4 Bulan Positif Corona di Kulon Progo
Ilustrasi tes virus corona atau Covid-19 (Freepik)

Solopos.com, KULON PROGO - Bayi berusia 4 bulan positif corona yang dirawat di RSUD Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), kini kondisinya terus membaik.

Hal tersebut dibenarkan oleh Direktur RSUD Wates Lies Indriyati. Rencanannya, bayi 4 bulan positif corona itu akan menjalani rontgen lagi untuk melihat kondisi paru-parunya. Selain itu, pihak RSUD Wates juga sedang menunggu hasil tes swab pasien tersebut.

3,8 Juta Warga Jatim Terancam Kehilangan Pekerjaan Akibat Covid-19

"Alhamdullilah pasien bayi berusia 4 bulan yang positif corona dan dirawat di tempat kami kondisinya sudah berangsur-angsur membaik. Kalau nanti hasilnya negatif maka bayi dinyatakan sembuh dan bisa pulang," terang Lies sebagaimana diinformasikan Suara.com, Selasa (31/3/2020).

Mengenai hasil tes swab, Lies Indriyati mengaku belum mengetahui kapan pihaknya akan mendapatkan hasil laboratorium bayi berusia 4 bulan itu. Tes swab tersebut dilakukan oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta.

Pembangunan Stadion Kebo Giro Boyolali Mandek, Karena Corona?

"Setahu saya antrenya cukup panjang. Jadi masih seratus berapa gitu belum diperiksa, sehingga kami masih menunggu," ujarnya.

Bayi 4 bulan berjenis kelamin lelaki itu positif corona setelah mengunjungi daerah di Jateng yang terpapar virus corona atau Covid-19. Karena mengalami sesak napas, bayi tersebut dirujuk dan diisolasi di RSUD Wates pada Selasa (17/3/2020).

Cegah Bayi Tertular Corona

Wakil Ketua Tim Dokter Penanganan Penyakit Infeksi Menular Khusus RS Hasan Sadikin Bandung Anggraeni Alam membeberkan cara agar bayi tidak mudah tertular virus corona.

Pengin Corona Berakhir? Rudy Wali Kota Solo: Yo Do Manuto!

Orang tua disarankan untuk memperhatikan kondisi bayi saat membawanya ke tempat umum. Kemudian, orang tua juga tidak mudah menyerahkan buah hatinya ke orang lain untuk digendong maupun dicium.

Selain itu, orang tua juga harus mengedepankan pola hidup sehat, yakni selalu mencuci tangan, sebelum dan sesudah menjalankan suatu aktivitas.

1 Pasien Corona Sembuh, Jekek Pastikan Wonogiri Nihil Kasus Positif

Untuk anak-anak bisa memungkinkan untuk menggunakan masker saat berada dalam ruangan yang sama dengan pasien flu atau ketika anak sedang sakit flu.

"Namun kita [orang tua] pun menggunakan masker, apabila kita yakin atau misalnya di ruangan tertutup, ada yang flu kita menggunakan demikian atau anak kita sakit juga demikian. Memakainya sulit apabila anaknya belum di edukasi. Mungkin apabila anaknya sudah di edukasi pentingnya itu menutup mulut [saat bersin atau batuk]. Kalau ada yang batuk pilek jauh-jauh, kalau di dalam lift ternyata ada yanng bersin-bersin, batuk, lebih baik kita keluar dari lift itu," ucap Anggraeni dilansir Liputan6.com, Jumat (24/1/2020).


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho