Presiden Jokowi menjajal mobil pikap Esemka Bima, Jumat (6/9/2019). (Istimewa/Agus Suparto)

Solopos.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi belum lama ini meresmikan mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019) pekan lalu. Menanggapi lahirnya Esemka, beberapa industri otomotif di Indonesia pun turut menyambutnya dengan positif, salah satunya PT Toyota Astra Motor (TAM).

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM mengatakan, kehadiran brand baru bisa turut menggairahkan pasar otomotif Indonesia. "Pada prinsipnya kami senang. Maksudnya, dengan banyaknya pemain termasuk Esemka dan lain-lain di market Indonesia, pastinya membantu untuk menggairahkan pasar juga," kata Anton Jimmi Suwandy, di sela peluncuran All New Corolla Altis, di Jakarta, baru-baru ini.

Anton Jimmi Suwandy menambahkan, memang di satu sisi adalah kompetitor. Akan tetapi pihaknya merasa dengan adanya produk-produk baru juga akan menggairahkan pasar. "Pada saat pasarnya berkembang, Toyota bisa hadir di situ juga 'kan nanti," ujar Anton Jimmi Suwandy.

Berbicara soal persaingan, Anton Jimmi Suwandy mengaku tidak bisa memberikan komentar soal kompetitor. Soal Esemka mungkin mereka punya strateginya sendiri. "Kalau Toyota baru saya bisa komentar," tutup Anton Jimmi Suwandy tersenyum.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten