SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak siap hadapi tantangan masa depan. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA-Psikolog anak dan keluarga Saskhya Aulia Prima membagikan kiat-kiat agar anak siap menghadapi tantangan masa depan, mengingat perkembangan dunia sudah sangat pesat dan persaingan pun semakin ketat. Simak ulasannya di tips parenting kali ini.

“Dunia nantinya akan kayak gimana itu susah dibayangkan, karena perubahannya sangat cepat. Jadi anak kita nanti akan berkembang di dunia kayak apa, sebenernya ini ada beberapa tantangan,” kata Co-Founder Tiga Generasi ini dikutip dari Antara pada Selasa (9/8/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mengutip laporan World Economic Forum, Saskhya memaparkan, tantangan yang akan dihadapi si kecil di masa depan selain perubahan kebutuhan dan kondisi dunia yang sangat cepat, 85 juta pekerjaan akan tergantikan dengan mesin pada tahun 2025.

Tantangan yang akan dihadapi anak di masa depan berikutnya adalah 50 persen karyawan di seluruh dunia akan membutuhkan pembaruan skill setiap enam bulan. Lalu, akan muncul 97 juta jenis pekerjaan baru. Selain itu, 15 persen tenaga kerja dari 35 negara di dunia berisiko tidak mendapatkan pekerjaan pada tahun 2030.

Baca Juga: Innalillahi! Satu Anak di Magelang Meninggal akibat Covid-19

“Jadi banyak sekali risiko di masa depan yang bukan cuma masalah kompetisi, tapi bagaimana kita membentuk anak yang punya kepribadian, punya karakter, dan punya skill yang bisa membantu mereka agar tetap relevan di dunianya,” ujar Saskhya.

Salah satu kiat agar anak siap dan memiliki jiwa pemenang dalam menghadapi tantangan masa depan tersebut, menurut Saskhya, orang tua perlu memiliki pola pikir sebagai the winning mom (mama pemenang), yaitu sosok mama yang tergerak untuk terus belajar dan menerapkan pendekatan parenting yang berkembang, serta berorientasi masa depan.

“Kita perlu melakukan stimulasi sejak dini terutama mengoptimalkan periode sensitif yaitu usia 0-8 tahun yang disebut dengan The Winning Window dengan memberikan stimulasi yang tepat,” imbuhnya.

Baca Juga: Ide Lomba 17 Agustus untuk Anak-Anak, Dijamin Seru!

Salah satu stimulasi yang direkomendasikan adalah 8 Winning Skills yang merupakan stimulasi yang dikembangkan oleh Nutrilon Royal bersama sejumlah ahli.

Adapun 8 Winning Skills yang dimaksud adalah attention (mengarahkan perhatian), focus (menyelesaikan sesuatu yang dimulai), memory (kemampuan mengingat), language (kemampuan bahasa), psikomotor (kemampuan yang berhubungan dengan aktivitas fisik), logic (menganalisa), reasoning (memahami dan membangun proses berpikir), dan decision making (pengambilan keputusan).

Kiat lainnya agar anak siap menghadapi tantangan di masa depan adalah dengan memperhatikan daya tahan tubuh si kecil.  Dokter spesialis anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr. Margareta Komalasari, SpA, mengingatkan orang tua tentang pentingnya menjaga daya tahan tubuh atau imunitas anak dan korelasinya terhadap tumbuh kembang anak.

Baca Juga: Kenali Penyebab Saudara Kandung Tidak Akur Seperti Tasya dan Tasyi

“Sistem imun anak itu belum berkembang sampai si kecil berusia delapan tahun. Periode ini penting dalam memenuhi kebutuhan anak terutama untuk mendukung perkembangan sistem imun,” kata Margareta dalam virtual press briefing pada Selasa.

Selain membuat anak menjadi sehat dan tidak gampang sakit, sistem imun yang baik juga dikatakan Margareta akan berdampak baik pada keterampilan motorik halus dan kemampuan kognitif atau kecerdasan anak.

“Ada penelitian yang menyatakan bahwa daya tahan tubuh itu faktor yang penting sekali, di mana anak yang sistem imunnya baik maka kemampuan motorik halusnya lebih tinggi 26 persen dibanding yang sakit-sakitan. Kemudian, nilai kognitifnya bisa lebih tinggi tiga poin dibandingkan anak yang lebih sakit,” jelas Margareta.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya