SOLOPOS.COM - Umat membersihkan rupang sebelum perayaan Imlek di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hwie Ing Kiong Madiun, Jumat (28/1/2022). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN — Puluhan altar dan rupang di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hwie Ing Kiong Madiun mulai dibersihkan.

Umat serta pengurus tempat ibadah di Jl. Cokroaminoto, Kota Madiun, itu rutin melaksanakan hal tersebut menjelang perayaan Imlek. Bahkan, aktivitas itu menjadi tradisi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejumlah umat dan pengurus tempat ibadah terlihat sedang mengeluarkan seluruh rupang dewa dan dewi yang berada di ruang ibadah TITD Hwie Ing Kiong, Jumat (28/1/2022) pagi.

Baca Juga : Umat Konghucu Sambut Tahun Baru Imlek dengan Lima Ritual Ibadah

Selanjutnya rupang dewa itu satu per satu dibersihkan dan dimandikan dengan air bunga.

Setelah dimandikan, seluruh rupang dikeringkan dengan menggunakan kain, sambil menghilangkan debu-debu. Di sisi lain, umat dan pengurus klenteng juga membersihkan altar untuk bersembahyang.

Ketua TITD Hwie Ing Kiong Madiun, Iwan Budijanto, mengatakan menjelang peringatan Imlek 2573, umat bersama pengurus bersama-sama membersihkan tempat ibadah Hwie Ing Kiong.

Baca Juga : 7 Dekorasi Imlek Ini Dipercaya Mendatangkan Keberuntungan

Selain membersihkan halaman klenteng, seluruh rupang dan altar juga dibersihkan. “Jumlah altar yang dibersihkan ada 22 dan rupang ada 36. Salah satu rupang yang dibersihkan adalah rupang tuan rumah tempat ibadah ini,” kata dia.

Sebelum melakukan ritual pembersihan rupang, pengurus membacakan doa. Pembersihan rupang menggunakan air bunga mawar.

“Kami bersihkan dengan air bunga mawar. Ini tujuannya supaya wangi. Tidak ada tujuan lain,” jelasnya.

Baca Juga : Lagi, Tak Ada Pesta Tahun Baru Imlek 2022 di Karanganyar Lur

Pada perayaan Imlek 2022, klenteng ini membuka pintu kepada umat untuk bersembahyang. Namun, pengurus akan melakukan penjagaan supaya tidak terjadi kerumunan.

“Untuk tahun ini tidak ada pembatasan. Tetapi kami jaga keluar masuk umat. Jangan sampai berkerumun. Kami akan melakukan pengawasan selama proses ibadah,” ujar Iwan.

Dia menyampaikan perayaan Tahun Baru Imlek akan dilaksanakan pada Selasa (1/2/2022). Malam sebelumnya, yakni Senin (31/1/2022), pengurus berencana menggelar sembahyang bersama di klenteng.

Baca Juga : Keunikan Tradisi dan Menu Khas Imlek Berpadu di The Alana Yogyakarta

Lantaran masih masa pandemi Covid-19, perayaan Imlek tahun ini juga tidak ada pertunjukan barongsai maupun kegiatan lain yang menimbulkan kerumunan. “Tidak ada acara yang sifatnya ramai-ramai. Kalau jumlah umat yang biasanya beribadah di sini sekitar 60 orang.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya