SOLOPOS.COM - Tim medis melakukan operasi bedah urologi pada pasien batu ginjal dengan teknologi holmium laser, di RS Indriati Solo Baru, Sukoharjo, Sabtu (24/2/2018). (Istimewa/RS Indriati)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Tim Bedah Urologi Rumah Sakit (RS) Indriati Solo Baru, Sukoharjo melakukan proses pembedahan pada pasien dengan indikasi batu ginjal, Sabtu (24/2/2018). RS setempat memakai teknologi laser urologi untuk memecah batu ginjal.

“Penanganan operasi dilakukan langsung oleh tiga orang dokter spesialis urologi di RS Indriati, yakni DR. dr. Subagyo Sukiman, Sp.U dan dr. Wibisono, Sp.U. dan menghadirkan langsung dokter spesialis dari Samarinda, dr. Boyke Soebhali, Sp.U,” kata Kepala Bagian Marketing Komunikasi RS Indriati, Dedy Franseto, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Sabtu (24/2/2018).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Operasi pertama dimulai pukul 05.30 WIB di Instalasi Bedah Sentral (IBS) lantai VI RS Indriati Solo Baru, Sukoharjo. Dia menuturkan operasi kali ini menggunakan teknologi holmium laser.

Teknologi holmium laser yang dimiliki RS Indriati Solo Baru ini menggunakan alat lumenis untuk tindakan operasi penderita prostat dan batu ginjal.

Prosedur RS Indriati Solo Baru ini dilakukan dengan menembakkan laser ke arah batu melalui alat endoskopik yang dimasukkan melalui saluran kemih.

Prosedur ini dinilai efektif dapat memecahkan batu pada kandung kemih yang berukuran lebih dari tiga sentimeter.

Tentunya, teknologi ini sangat membantu dokter maupun pasien dalam menangani masalah batu saluran kandung kemih. Prosesnya berlangsung tidak terlalu lama, rata-rata hanya berlangsung satu hingga dua jam.

Selain itu, penanganan dengan laser juga membuat proses penyembuhan lebih cepat karena tidak ada otot atau jaringan yang dipotong seperti pada operasi terbuka.

Setelah menjalani prosedur ini, pasien bisa pulang dan beraktivitas dengan lebih cepat dibandingkan penanganan konvensional.

RS Indriati Solo Baru menjadi rumah sakit pertama di wilayah Soloraya yang memiliki teknologi holmium laser untuk operasi prostat dan batu ginjal. Info lebih lengkap pembaca bisa menghubungi RS Indriati Solo Baru Sukoharjo pada nomor (0271) 5722000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya