SOLOPOS.COM - Ilustrasi membersihkan sepatu dengan sampo (Wikihow.com)

Berikut ini beberapa tips merawat sepatu lama tampak seperti baru.

Solopos.com, SOLO – Tak hanya melindungi kaki, sepatu juga sering digunakan sebagai penunjang penampilan. Karenanya, biasanya orang memiliki beberapa pasang sepatu.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Seiring dengan bertambahnya waktu, serta seringnya pemakaian membuat sepatu terlihat kusam. Jangan terburu-buru membuang sepatu tersebut. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar sepatu lama terlihat seperti baru. Berikut ulasannya seperti dikutip Solopos.com dari Purewow.com, Senin (21/11/2016):

Menggosok sepatu dengan body lotion
Sepatu kulit yang lama tidak terpakai tentu terlihat usang dan tak lagi menarik. Menyemir menjadi salah satu cara agar sepatu kulit tampak seperti baru. Ternyata, tak hanya semir yang bisa membuat sepatu kulit mengkilap. Body lotion juga bisa membuat sepatu lama Anda tampak bersih, mengkilap seperti baru.

Caranya, tuangkan body lotion pada kain bersih yang lembut, kemudian gosokan kain itu pada permukaan sepatu. Jangan menggosok permukaan sepatu terlalu kuat yang justru membuat sepatu kulit cepat rusak.

Membersihkan sepatu dengan conditioner
Selain body lotion, conditioner juga mampu membuat sepatu koleksi lama milik Anda tampak baru. Kandungan minyak alami pada conditioner mampu melembapkan permukaan sepatu yang membuatnya tampak mengkilat. Sama seperti penggunaan body lotion, tuangkan conditioner pada kain bersih yang lembut, dan gosokan ke permukaan sepatu.

Mengoleskan minyak zaitun
Selain mampu menghaluskan kulit, minyak zaitun juga bisa dipakai membersihkan sepatu. Minyak zaitun juga ampuh menghilangkan noda di sepatu karet. Caranya, oleskan minyak zaitun di permukaan sepatu yang terkena noda, lalu sikat bagian itu memakai sikat gigi.

Menghapus noda di sepatu dengan penghapus pensil
Penghapus pensil ternyata dapat dipakai untuk menghapus noda yang menempel pada sepatu. Bukan hanya noda bekas coretan pensil atau pulpen, karet penghapus bisa dipakai untuk menghapus noda tanah yang menempel di permukaan sepatu berbahan kain, maupun karet.

Membersihkan sepatu dengan sampo
Sampo bisa juga dipakai untuk menghapus noda yang menempel di sepatu kets. Kandungan bahan kimia di dalam sampo terbukti lebih ampuh mengangkat noda dibandingkan dengan detergen.

Cara membersihkan sepatu dengan sampo sangatlah mudah. Oleskan sampo pada sikat gigi, kemudian sikat pada permukaan sepatu yang telah dibasahi air. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya