SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO — Tim Pengabdian dari Prodi Informatika dan Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar sosialisasi game berisi edukasi tentang kesehatan gigi dan mulut bagi anak serta tata cara perawatan gigi dan mulut.

Siaran pers Humas UMS yang diterima Senin (2/9/2019) menyebutkan program pengabdian masyarakat ini dilangsungkan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah 1 Potroyanan, Kecamatan Nogosari, Boyolali, Sabtu (31/8/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Acara diikuti oleh sekitar 30 siswa-siswi gabungan dari sekolah setempat dan MI Muhammadiyah 2 Potroyanan.

Tim pengabdian tersebut dipimpin oleh Heru Supriyono dari Prodi Informatika dan Dendi Murdiyanto dari prodi Kedokteran Gigi UMS.

Kegiatan diawali dengan mengenalkan cara memainkan game edukasi kesehatan gigi dan mulut bagi anak berbasis Android.

Aplikasi ini dirancang oleh Nur Muhammad Akbar Isnen, mahasiswa Informatika UMS angkatan tahun 2014. Tidak hanya sukses untuk pengabdian, aplikasi ini berhasil mengantarkan Isnen meraih gelar sarjana komputer S1.

Acara dilanjutkan dengan penyuluhan cara merawat kesehatan gigi dan mulut bagi anak. Menjelaskan stuktur gigi sampai cara menyikat gigi disampaikan untuk menambah wawasan bagi siswa dan guru yang hadir.

Program ini diharapkan memotivasi Pengelola Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) supaya juga memperhatikan kesehatan gigi dan mulut.

Terakhir, Tim pengabdian menghibahkan peralatan medis untuk gigi, beserta sarana prasana kesehatan lainnya. Tak hanya itu, dua unit komputer, mesin printer, dan perangkat jaringan internet juga diberikan kepada pihak sekolah untuk memperlancar kinerja guru di sekolah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya