SOLOPOS.COM - Ilustrasi memijat payudara. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Jika dilakukan dengan cara yang benar, maka pijat payudara memiliki segudang manfaat. Apa sajakah manfaatnya? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Aktivitas ini tak hanya menjadi cara stimulasi dalam aktivitas seksual. Manfaat memijat payudara juga mencakup berbagai aspek kesehatan lainnya, mulai dari deteksi kanker hingga mengurangi nyeri otot bagian tersebut.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sebelum mengetahui cara pijat payudara yang benar, ketahui terlebih dahulu manfaatnya berikut ini seperti dikutip dari hellosehat.com pada Jumat (15/9/2023):

1. Mendeteksi kanker payudara

Sebelum masuk ke tahap pemeriksaan dokter, cara paling awal untuk mengecek adanya “bibit” kanker payudara, yakni dengan melakukan pijat payudara. Sebuah penelitian dalam Journal of Women’s Health melaporkan bahwa sekitar 25% wanita dapat mendeteksi kanker payudara melalui pemeriksaan payudara sendiri (SADARI).

Di sinilah manfaat pijat payudara berperan sebagai pemeriksaan awal yang akan membantu Anda mengetahui ketika ada yang tidak beres dengan sepasang payudara. Dari penelitian tersebut, kurang lebih 18% peserta lainnya menemukan adanya kemungkinan kanker payudara secara tidak sengaja.

2. Melancarkan kerja sistem limfatik

Jaringan payudara tidak hanya berada di sekitar dua buah dada, melainkan dapat memanjang hingga sampai ke area bawah ketiak.

Sepanjang payudara sampai bagian bawah ketiak tersebut merupakan salah satu tempat berkumpulnya kelenjar getah bening tubuh atau limfa.

Secara tidak langsung, selain menyehatkan payudara, manfaat rutin memijat bagian tubuh ini juga akan membantu melancarkan kerja sistem limfatik pada kelenjar limfa tersebut. Manfaat massage payudara pada sistem limfatik juga membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

3. Melancarkan ASI ibu menyusui

Jika dilakukan dengan cara yang benar, manfaat pijat payudara juga bisa dirasakan oleh ibu menyusui yang kerap mengeluhkan nyeri pada satu atau kedua payudaranya.

Sebuah penelitian dari Journal of Korean Academy of Nursing telah membuktikan hal tersebut.  Penelitian tersebut menemukan fakta bahwa ibu menyusui yang diberikan pijat payudara selama 30 menit dalam 10 hari setelah melahirkan merasakan nyeri yang lebih ringan.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan ibu menyusui lainnya yang tidak diberikan pijatan payudara sama sekali, cenderung merasakan nyeri yang lebih kuat. Di samping itu, pijat payudara pada ibu menyusui ini juga dikenal bermanfaat untuk meningkatkan produksi dan kualitas ASI, sehingga frekuensi bayi menyusu pun ikut meningkat.

4. Mempertahankan penampilan payudara

Selain sebagai penunjang kesehatan, manfaat memijat payudara juga bisa merupakan salah satu cara menjagapenampilan atau bentuk payudara secara keseluruhan. Bagaimana bisa?

Rutin memijat payudara dipercaya dapat memperlancar sirkulasi darah, memperkuat otot-otot dada, serta membangun ketahanan pada ligamen yang membantu menjaga payudara tetap terangkat.

5. Mengurangi pembengkakan dan nyeri akibat PMS

Jika dilakukan dengan cara yang benar, pijat payudara juga bisa mengurangi pembengkakan akibat PMS. Ovulasi dan perubahan hormon pada wanita yang terjadi sebelum periode menstruasi sering kali menimbulkan berbagai gejala (premenstrual syndrome/PMS).

Salah satunya, yaitu pembengkakan, terasa lembut, serta nyeri pada payudara yang membuat Anda merasa tidak nyaman.  Nah ternyata, pijat payudara juga dapat membantu meredakan nyeri dan pembengkakan tersebut.

Berikut ini cara melakukan pijat payudara yang benar agar Anda mendapatkan manfaatnya:

1. Pertama-tama, fokuskan pijatan pada satu payudara terlebih dahulu. Letakkan satu tangan di bagian atas payudara dan satu tangan lagi di bagian bawahnya.

2. Pijat payudara dengan gerakan melingkar, sembari sedikit memberikan tekanan. Lakukan hal yang sama pada bagian payudara lainnya.

3. Jika ingin sembari mengecek adanya benjolan yang berisiko kanker, Anda bisa melakukan pijatan di depan cermin atau sambil berbaring.

4. Angkat salah satu tangan ke atas, dan tangan lainnya digunakan untuk memijat sekaligus memeriksa payudara.

5. Berikan tekanan yang ringan, sedang, sampai agak kuat saat memijat semua bagian payudara.

6. Pastikan pijatan juga Anda lakukan sampai ke bagian ketiak yang berhubungan langsung dengan payudara.

7. Ulangi hal tersebut pada bagian payudara yang lainnya.

8. Akhiri pijatan dengan sedikit menekan bagian puting susu. Jika terasa sakit atau ada perubahan pada posisi atau bentuknya, sebaiknya segera periksakan ke dokter.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya