SOLOPOS.COM - Yuk jaga jarak atau physical distancing cegah corona. (covid19.go.id)

Solopos.com, SOLO – Upaya mencegah dan memutus mata rantai penularan virus corona (Covid-19) hingga saat ini terus dilakukan pemerintah. Gerakan 3M yakni mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak atau physical distancing, terus digaungkan.

Namun, belakangan ini masyarakat sepertinya mulai abai dengan physical distancing. Banyak warga yang asyik nongkrong di warung atau di tempat umum tanpa menjaga jarak.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Padahal saat menjalani physical distancing agar benar-benar efektif, seperti dilansir dari Alodokter.com, Anda diminta untuk tidak bepergian ke tempat yang ramai. Juga sebisa mungkin menghindari menggunakan transportasi umum yang padat penumpang.

Tak hanya itu, Anda juga perlu membatasi kontak langsung, seperti berjabat tangan. Lalu menjaga jarak aman minimal 1 meter ketika berinteraksi dengan orang lain, terlebih jika orang tersebut sedang sakit atau berisiko tinggi terinfeksi virus corona.

Tetap Aman Berolahraga dengan Protokol Kesehatan

Selain hal tersebut, agar physical distancing lebih efektif cegah corona, dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

* Jangan atau kurangi keluar rumah, kecuali untuk urusan penting. Seperti membeli kebutuhan pokok atau berobat ketika sakit.

* Sapa orang lain dengan lambaian tangan, bukan dengan berjabat tangan.

* Work from home dan belajar daring. Kemudian agar badan tetap bugar, lakukan olahraga di rumah, tidak di pusat olahraga atau gym.

* Anda bisa tetap terhubung dengan kerabat, teman, dan rekan kerja dengan memanfaatkan fasilitas video call atau aplikasi lainnya.

* Jika ingin berbelanja kebutuhan sehari-hari, lakukan di luar jam sibuk. Kalau pesan barang atau makanan lakukan contactless delivery (menerima pesanan tanpa bertemu langsung dengan kurir).

* Menunda mengunjungi orang lain atau mudik, terutama di saat libur panjang seperti pekan ini.

* Kalau harus tetap bekerja dan bersekolah, harus menjaga jarak tempat duduk.

Ini Dia Metode 20-20-20, Rahasia Jaga Kesehatan Mata Saat Pandemi

Potensi Menularkan Corona

Selain di tempat umum, pemerintah juga menekankan physical distancing di dalam rumah. Hal ini dikarenakan Anda atau orang rumah yang terlihat sehat dan tidak menunjukkan gejala Covid-19 bisa saja sebetulnya sudah terinfeksi virus corona. Sehingga berpotensi menularkannya kepada orang lain.

Ingat, penularan virus corona (Covid-19) akan lebih mudah terjadi pada orang yang memiliki risiko tinggi tertular virus corona. Seperti para lansia, penderita penyakit kronis yakni asma, diabetes, dan penyakit jantung. Juga orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah, misalnya karena kanker atau infeksi HIV.

Jadi tak boleh abai dengan gerakan 3M agar penularan virus corona bisa dicegah. Selalu mengenakan masker, cuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak atau physical distancing.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya