Begini Cara Pantau Real Count Pemilu 2019 di Smartphone
ilustrasi pemilu. (Solopos-Whisnu Paksa)

Solopos.com, SOLO – Proses input data hasil penghitungan suara pemilihan umum (pemilu) 2019 masih terus dilakukan. Sampai saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus menghimpun data penghitungan sementara berbasis formulir C1 dari tempat pemungutan suara (TPS).

Perhitungan data pemilu 2019 bisa dipantau masyarakat lewat smartphone. Penasaran bagaimana caranya? Simak informasi yang disajikan khusus Solopos.com, Jumat (26/4/2019), berikut:

1. Buka laman https://pemilu2019.kpu.go.ig/#/ppw/hitung-suara

2. Pastikan laman yang dituju terbuka sempurna.

3. Bagi pengguna Android, buka menu overflow dan pilih add to home screen. Pilih menu add untuk menambahkan laman tersebut di home screen ponsel Android.

4. Bagi pengguna Iphone, klik tombol share berbentuk kotak di bawah layar dengan panah atas. Kemudian pilih add to home screen untuk menambahkan pintasan ke layar utama.

5. Cek shortcut laman tersebut di layar utama. Ada bisa mengetuknya jika hendak memantau hasil penghitungan suara pemilu 2019. Jalan pintas laman KPU ini sama dengan menjalankan aplikasi smartphone lainnya.

Chairman Communication and Information System Security Research Center (CISSReC), Pratama Persadha, mengatakan, scan formulir C1 yang diunggah di laman KPU menunjukkan pemilu 2019 dilaksanakan secara transparan. Jadi, masyarakat bisa mengoreksinya bila terjadi kesalahan.

"Kesalahan input data pemilu 2019 bisa langsung dikoreksi seperti yang terjadi beberapa waktu lalu," kata Pratama Persadha seperti dikutip dari Okezone.

Oleh sebab itu, dibutuhkan peran aktif masyarakat dalam mengawasi proses pasca-pemilu. Cara paling sederhana adalah mencocokkan data perolehan suara di laman KPU dengan data di formulir C1.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya








Kolom