Kategori: Leisure

Begini Cara Mudah Ubah Bad Mood Menjadi Good Mood


Solopos.com/Astrid Prihatini WD/Newswire

Solopos.com, JAKARTA--Ada sejumlah cara mengubah bad mood menjadi good mood. Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini suasana hati harus benar-benar dijaga untuk menjaga imunitas tubuh.

Biasanya sih saat suasana hati buruk ada dua kemungkinan yang kita lakuin yaitu membiarkan atau ubah bad mood menjadi good mood. Nah kalau kalian pilih yang mana?

Ada banyak cara untuk meningkatkan suasana hati, kebahagiaan, dan mengendalikan stres. Jangan berpikir yang terlalu sulit, sebab ada cara  mudah dan sederhana yang bisa kamu lakukan. Bagaimana cara ubah bad mood, simak ulasannya di tips kesehatan kali ini ya.

Berikut ini sejumlah cara mudah ubah bad mood menjadi good mood sebagaimana melansir dari Liputan6.com, Sabtu (10/4/2021):

1. Rasakan sinar matahari

Cara pertama ubah bad mood adalah merasakan sinar matahari. Buka tirai dan dapatkan sinar matahari saat kamu bangun. Sebuah studi Universitas Toronto menemukan bahwa orang yang terpapar cahaya lebih banyak, terutama di pagi hari, akan memiliki suasana hati yang lebih baik sepanjang hari. Selain itu dia akan mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak.

Baca Juga: Cegah Bau Mulut? Jaga Kesegaran Napas Dengan Cara Ini

Para peneliti juga menemukan bahwa satu jam cahaya dalam ruangan yang terang dapat meningkatkan pandangan hidup kamu. Jadi, jangan biarkan hari yang mendung menghalangi kamu.

2. Bergerak

Aktif bergerak juga bisa ubah bad mood jadi good mood. Bangun dari kasur dan kursi itu, bergeraklah. Studi yang tak terhitung jumlahnya menunjukkan bahwa orang yang banyak bergerak dan olahraga bisa melepaskan endorfin, yang membuat kamu merasa senang dan puas. Setiap aktivitas olahraga bagus untuk suasana hati.

Jalan-jalan di luar ruangan selama 20 menit dua kali sepekan dapat memberikan keajaiban bagi suasana hati kamu. Peneliti juga menemukan bahwa orang yang berolahraga di luar ruangan merasa lebih energik dan memiliki suasana hati lebih baik.

3. Tetapkan tujuan kecil

Cara mudah lainnya untuk ubat bad mood adalah tetapkan tujuan kecil untuk diri kamu setiap hari. Memiliki sesuatu yang bisa dicapai akan membuat kamu merasa lebih berarti, sehingga memiliki energi baru untuk mengerjakan hal lain di hari yang berbeda.

4. Lihat koleksi foto dan video

Luangkan waktu kamu untuk melihat beberapa gambar maupun video favorit. Itu bisa apa saja, mulai dari gambar bayi hingga foto liburan favorit. Kenangan indah akan membantu meningkatkan suasana hati setiap kali kamu merasa sedih. Simpan beberapa koleksi di ponsel atau komputer dengan folder khusus agar mudah menemukannya.

5. Berbuat baik dan bantu orang lain

Perbuatan baik juga bisa ubah bad mood jadi good mood. Penelitian telah menemukan bahwa menjadi sukarelawan membuat orang lebih bahagia karena membantu mereka menghargai hal-hal baik dalam hidup mereka sendiri. Membantu orang lain akan membantu kamu merasa nyaman dengan diri sendiri.

6. Istirahat dari perangkat elektronik

Beristirahatlah dari semua mainan dan perangkat elektronik kamu, ini bisa ubah bad mood jadi good mood. Menatap layar komputer, tablet, atau ponsel pintar dapat menguras energim meskipun kamu duduk-duduk sepanjang hari. Biarkan pikiran kamu rileks dan nyaman, terutama sebelum tidur.

Baca Juga: Penyandang Disabilitas Perlu Dapat Vaksin Covid-19, Ini Alasannya

7. Hadiahi diri kamu

Beri hadiah untuk diri sendiri merupakan salah satu cara ubah bad mood (ilustrasi/Freepik)

Temukan sesuatu yang membuat kamu bahagia. Tidak harus lama. Kurang dari setengah jam dengan seorang teman, membaca buku, atau menonton acara televisi kesenangan-sudah cukup. Jika hal itu memberi kamu kegembiraan dan sesuatu untuk dinantikan setiap hari, itu bisa membuat hidup jauh lebih mudah.

8. Rapikan meja kerja

Sebelum kamu bekerja, luangkan waktu beberapa menit untuk merapikan atau mengatur sesuatu yang ada di meja kerja atau hadapan kamu. Sesuatu yang berantkan, bisa membuat kamu kehilangan fokus, merasa terganggu, dan bisa memperlambat produktivitas. Lingkungan yang teratur membantu kamu berkonsentrasi dan membuat suasana hati lebih baik.

9. Dengarkan musik favorit

Mendengarkan musik dapat membantu ubah bad mood, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi stres. Musik yang tepat dapat mengubah suasana hati, jadi pilih lagu-lagu yang membuat kamu bahagia. Dan jangan takut untuk ikut bernyanyi.

Baca Juga: 5 Mitos Herpes Ini Tak Perlu Lagi Dipercaya, Apa Saja?

Secara tak langsung bernyanyi sebenarnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Ingatlah menyanyikan beberapa lagu di kamar mandi.

10. Coba sesuatu yang baru

Pengalaman baru lebih dari sekadar memperluas wawasan, mereka bisa meningkatkan pandangan kamu tentang hidup. Lakukan perjalanan kecil, kelas olahraga, tari, dan lukis maupun menjajal kuliner baru. Mencoba sesuatu yang baru akan membuat kamu lebih percaya diri dan bahagia.

 

Share
Dipublikasikan oleh
Astrid Prihatini WD