SOLOPOS.COM - Ilustrasi selulit (Freepik)

Solopos.com, SOLO–Tak sedikit wanita ingin hilangkan selulit. Hal ini karena kehadiran salah satu masalah kulit ini terasa mengganggu penampilan dan bisa mengurangi rasa percaya diri.

Selulit ini bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya karena kehamilan. Nah ternyata ada cara mudah untuk hilangkan selulit. Simak ulasannya di tips kecantikan kali ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selulit atau stretch mark adalah jenis bekas luka yang berkembang ketika kulit kita meregang atau menyusut dengan cepat. Perubahan mendadak menyebabkan kolagen dan elastin yang merupakan komposisi kulit kita pecah karena tidak dapat mengimbangi regangan kulit yang terjadi dengan cepat. Berikut ini sejumlah cara hilangkan selulit sebagaimana melansir Bisnis.com, Kamis (15/4/2021):

1. Mulailah menyikat tubuh

Biasakan menyikat tubuh ke dalam rutinitas Anda, maka hasilnya sepadan. Pastikan menggosok tubuh sebelum mandi. Selalu dalam gerakan melingkar, mulai dari pergelangan kaki dan menuju ke jantung Anda, karena ini meningkatkan sirkulasi darah dan drainase limfatik, kata para ahli Ini tidak hanya akan menghilangkan kulit kering, tetapi juga akan melihat dampak nyata pada lesung pipit tersebut. Lembapkan kulit dengan minyak tubuh, maka Anda akan merasa seperti seorang ratu.

2. Konsumsi Asam Lemak Omega-3

Cara hilangkan selulit berikutnya adalah konsumsi asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 dapat ditemukan pada minyak ikan seperti salmon, tuna, mackerel, dan sarden. Serta ditemukan pula pada minyak nabati, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Kandungan tersebut dapat menurunkan kolesterol dan melancarkan sirkulasi yang memiliki efek anti-inflamasi. Lemak pada ikan berminyak membantu mengurangi pembengkakan yang dapat memperparah kerusakan sel kulit. Makanlah minyak ikan seminggu sekali untuk mengatasi masalah selulit yang mengganggu itu.

Baca Juga: 5 Ekspektasi Terhadap Pasangan Ini Sebaiknya Dihindari

3. Hindari makanan tidak sehat

Produk susu berlemak penuh seperti krim, mentega, dan keju mengandung lemak jenuh yang tinggi dan lebih sulit untuk dipecah oleh tubuh Anda. Makan takeaway berlemak dan makanan olahan juga bisa menyebabkan selulit karena menyebabkan timbunan lemak di tubuh.

4. Banyak makan buah dan sayuran

Banyak makan buah dan sayuran bisa hilangkan selulit. Karena selulit disebabkan oleh penumpukan racun. Kalahkan itu dengan konsumsi buah dan sayur yang tinggi antioksidan. Cobalah seledri, jeruk, jeruk bali, persik, dan plum yang rendah gula alami dan tinggi serat. Makanan tinggi vitamin C juga merupakan penghilang selulit yang bagus karena meningkatkan kadar kolagen di kulit, meningkatkan elastisitas, dan menjaga kekencangan kulit.

5. Kurangi konsumsi kopi

Kurangi minum kopi untuk hilangkan selulit (ilustrasi/Freepik)
Kurangi minum kopi untuk hilangkan selulit (ilustrasi/Freepik)

Kopi dan kafein sangat membuat dehidrasi, dan bisa menambah munculnya selulit. Tetap terhidrasi dan menghindari minuman berkafein seperti kopi dan cola akan membantu melembabkan dan mengencangkan kulit.

6.Jalan-jalan sebentar

Cobalah jalan cepat selama 20 menit tiga kali seminggu. Tingkatkan frekuensi atau durasi berjalan atau gunakan berjalan sebagai bagian dari pelatihan interval. Bisa juga berjalan diapit dengan periode singkat sprint habis-habisan untuk hasil yang lebih cepat, saran para ahli.

7. Minum Banyak Air

Untuk hilangkan selulit minumlah banyak air. Selulit di bawah kulit menyimpan racun yang dapat menumpuk jika memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Air menjaga kulit tetap terhidrasi dan mengeluarkan racun. Itu merupakan kunci jika ingin menjaga kulit Anda terlihat segar dan awet muda. Jika merasa air biasa membosankan, tambahkan dengan irisan buah jeruk atau beri.

8. Konsumsi makananan kaya lesitin

Telur, apel, kedelai, bayam, kembang kol, kacang tanah, dan selada Iceberg adalah makanan kaya lesitin jadi bagus untuk menghilangkan selulit. Dengan mengonsumsi makanan tersebut setiap hari akan memulihkan kekuatan sel kulit

Baca Juga: Ketahui Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Saat Sahur Supaya Perut Awet Kenyang

9. Protein

Cara hilangkan selulit berikutnya adalah makan makanan kaya protein, seperti daging tanpa lemak, kalkun, kacang-kacangan, susu skim, dan kacang-kacangan. Ini merangsang dan memperkuat produksi kolagen dan elastin. Dan juga membantu mengencangkan otot yang dapat menjaga penyimpanan lemak tetap di tempatnya, tentunya mengurangi efek selulit yang berlesung pipit.

10. Gunakan tangga

Salah satu trik untuk menghilangkan benjolan yang mengganggu adalah melatih semua otot tubuh bagian bawah. Menaiki tangga adalah cara yang bagus untuk mencapai hal ini. Mengurangi simpanan lemak di bawahnya dan mengganti jaringan otot yang hilang untuk memberi area tersebut tampilan yang kencang.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya