SOLOPOS.COM - Ilustrasi situs dewasa (Dok)

Ada beberapa cara memblokir situs dewasa yang bisa dilakukan di rumah.

Solopos.com, SOLO — Orang tua harus menjaga agar anak tidak mengakses situs negatif atau situs dewasa. Situs-situs khusus dewasa itu kebanyakan telah diblokir melalui Trust+Positif.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tapi tidak semua situs itu bisa diblokir. Untuk mencegah anak mengakses situs dewasa, ada pengaturan yang bisa dilakukan dari personal computer (PC) Anda.

Seperti dikutip dari Wikihow, Kamis (12/10/2016), ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk memblokir situs dewasa seperti memodifikasi Parental Control, menggunakan ekstensi browser atau add-ons, dan memodifikasi pengaturan SafeSearch.

Parental Control

Di sistem operasi Windows 8, pengguna bisa mengakses Network and Internet melalui Control Panel.  Kemudian, pengguna bisa masuk ke Internet Options. Setelah masuk ke Internet Options, Anda bisa menuju Content dan pilih Family Safety.

Lalu, klik Standar user – Family Safety on Password protected. Pilih On, enforce current settings dan klik Web filtering.  Pada Web filtering, pengguna pilih can only use the website I allow, lalu klik Designed for children pada pengaturan level restriction.

Ekstensi Browser

Pada browser Mozilla, pengguna bisa menuju Tools kemudian pilih Add-ons. Pengguna bisa menglik Get Add-ons, lalu ketik Parental Controls pada kolom pencarian.

Pengguna bisa menemukan ekstensi browser misalnya WebFilter Pro dan Website Blocker. Lalu, pengguna bisa menginstal ekstensi browser tersebut. Pengguna juga perlu untuk memeriksa pengaturan ekstensi itu agar memastikan konten dewasa telah diblokir.

Pengaturan SafeSearch

Saat menggunakan Google, pengguna bisa menuju http://www.google.com/preferences. Tandai centang untuk Filter explicit results kemudian klik Save. Setelah ini, konten seksual eksplisit akan secara otomatis disaring dan dihapus dari Google Search.

Pengaturan SafeSearch Anda akan ter-reset bila Anda menghapus cookies. Saat menghapus cookies dari Web history, Anda perlu mengaktifkan kembali SafeSearch di menu Search Settings.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya