Begini Cara Merawat Kompor Listrik Induksi Seperti Program Konversi PLN

Memahami bagaimana cara merawat kompor listrik induksi akan memperpanjang usia pakainya.

 Ilustrasi memasak pakai kompor induksi. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi memasak pakai kompor induksi. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Cara merawat kompor listrik induksi seperti program konversi yang dikawal PLN tentu bukan perkara remeh. Pasalnya, jika salah perawatan justru bisa menimbulkan kerusakan.

PromosiRendahnya Kesadaran Wong Jateng untuk Pakai Helm Saat Berkendara

Sebenarnya cara merawat kompor listrik induksi tidak membutuhkan peralatan khusus dan menguras kantong. Perawatan ini penting agar usia pakai alat memasak ini semakin panjang dan terhindar dari kerusakan-kerusakan yang tidak diinginkan.

Memahami bagaimana cara merawat kompor listrik induksi akan memperpanjang usia pakainya. Jika tidak diperhatikan dengan benar, biaya perbaikan dari kompor listrik induksi tersebut bisa sangat mahal dan mungkin saja Anda harus membeli yang baru.

Mengutip laman Liputan6.com begini cara merawat kompor listrik induksi yang tepat dan efektif seperti dikutip pada Senin (29/11/2021):

1. Jaga kebersihan alat masak

Cara merawat kompor listrik induksi yang pertama justru dengan membersihkan dahulu alat masak seperti wajan, panci, atau alat lain yang akan diletakkan dan digunakan pada kompor listrik induksi.

Baca Juga: Indonesia Tidak Berpartisipasi di Miss Universe 2021, Ini Alasannya

Pasalnya, terdapat risiko bekas minyak dan sisa-sisa bahan masakan yang menempel bisa meninggalkan noda permanen di atas kompor milik Anda jika tidak dibersihkan dahulu. Bahkan, apabila panci atau penggorengan yang akan digunakan sudah terlalu hitam dan memang sulit dibersihkan, ada baiknya untuk menggunakan yang baru.

2. Jangan gunakan alat masak dengan bahan kasar

Mungkin ada beberapa jenis bahan panci atau penggorengan yang tidak cocok untuk kompor listrik induksi. Penggunaan panci atau wajan yang dibuat dari besi tempa berat atau cast iron, biasanya punya permukaan kasar dan bisa dengan mudah menggores permukaan kaca. Keramik serta tanah liat yang tidak dipoles halus juga sangat berisiko menimbulkan goresan di permukaan kompor listrik induksi Anda.

Dengan mengkuti berbagai cara merawat kompor listrik induksi di atas, kompor Anda akan tetap terjaga kebersihannya dan juga turut memperpanjang usia pakai dari kompor tersebut. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga: Varian Omicron Tidak Picu Gejala Kehilangan Indera Penciuman

3. Jangan letakkan benda berat di permukaan kompor

Mungkin sebagian dari Anda ada yang kerap kali tidak sadar atau terbiasa meletakkan benda-benda berat di atas kompor listrik induksi. Padahal, kebiasaan ini justru berbahaya dan bisa membuat kompor cepat rusak. Bahkan, jika bebannya berlebihan, bisa membuat kaca dari kompor tersebut bisa rusak dan bahkan pecah.

4. Jauhkan wadah kaca ramah oven yang masih panas di permukaan kompor

Selain menghindari benda berat diletakkan di permukaan kompor, hindari juga meletakkan wadah kaca yang masih panas karena panggangan oven di permukaan kompor. Ini akan menyebabkan kaca lebih mudah retak atau pecah. Apabila memang tidak ada pilihan lain untuk meletakkan wadah yang masih panas tersebut, ada baiknya melapisi permukaan kompor dengan kain tebal terlebih dahulu.

Baca Juga: Orang Lansia Seperti Bens Leo Rentan Terinfeksi Covid-19, Kenapa ya?

5. Hindari tetesan gula

Ketika Anda memasak atau merebus masakan yang menggunakan banyak gula maupun karamel, pastikan jika tetesannya tidak mengotori bagian atas dari kompor. Sebab, gula maupun karamel panas justru menjadi penyebab adanya noda kekuningan yang susah dibersihkan bahkan bisa saja permanen.

6. Jangan menyeret panci

Dengan permukaan kompor listrik induksi yang halus dan rata, mungkin membuat Anda gemar menyeret panci atau alat masak lain. Padahal, kebiasaan ini bisa menimbulkan goresan di permukaan kaca yang digunakan.

7. Pakai sesuai petunjuk

Tentunya, cara merawat kompor listrik induksi perlu dipahami sungguh-sungguh. Pasalnya, tidak semua tipe kompor listrik induksi memiliki perintah operasi yang sama. Hal ini jauh berbeda dengan kompor gas atau minyak tanah, di mana hampir semua cara pengoprasiannya hampir sama. Maka dari itu, pastikan Anda sudah membaca buku petunjuk penggunaan yang biasanya terdapat di dalam kemasan kompor tersebut.

Baca Juga: Tanda-Tanda Pria Tidak Tulus Mencintai Perempuan

Hal ini juga untuk menghindari terjadinya malfungsi yang bisa saja membahayakan keselamatan pengguna kompor.

8. Jangan letakkan alat masak basah di permukaan kompor

Saat memasak, mungkin ada beberapa momen Anda harus meletakkan alat pengaduk di luar panci. Saat ruang untuk meletakkan alat ini sudah tidak ada, maka permukaan kompor bisa jadi korbannya. Anda perlu memastikan tidak meletakkan benda-benda tersebut terutama yang masih basah dan memiliki bekas masakan di permukaan kompor. Pasalnya, bekas makanan atau kuah yang sudah menempel bisa saja menodai permukaan kaca kompor yang panas. Noda ini selanjutnya bisa saja mengering serta bisa jadi semakin sulit untuk dibersihkan.

Baca Juga: Resep Masakan Praktis Berbahan Daun Kemangi

9. Jangan bersihkan kompor dengan benda kasar

Ternyata, cara merawat kompor listrik induksi dengan bantuan sabut logam atau spons cuci piring biasa sangat tidak disarankan. Pasalnya, membersihkan permukaan kompor induksi dengan benda tersebut bisa menimbulkan goresan.

Usahakan Anda menggunakan spons yang lembut atau kain bersih serta krim pembersih khusus permukaan kaca atau keramik jika ingin membersihkan kompor listrik induksi. Memang, idelanya cara merawat kompor listrik induksi ini beberapa hari sekali, supaya minyak atau kotoran yang menempel tidak terlanjur menjadi kerak.

 

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Viral! Video Aktor Steven Seagal Cium Mandau, Ini Respons Netizen

Aktor senior asal Amerika Serikat Steven Frederic Seagal baru-baru ini menjadi perhatian netizen Indonesia setelah mengunjungi Suku Dayak di Kalimantan dan mencium senjata mandau.

Kemenkes Sediakan Pelayanan Bagi Pasien Positif Omicron, Begini Caranya

Teknologi telemedisin Kemenkes ini bertujuan menyediakan akses kesehatan terjangkau secara online dengan fleksibel, terjangkau, dan mudah.

Waspada! Gejala Omicron Bisa Bertahan Lama di Tubuh

Beberapa penelitian menyebutkan varian Omicron ini memiliki gejala yang dapat bertahan lama di dalam tubuh orang yang terpapar virus tersebut.

Jadi Enggak Seram! Jalan Permakaman Dipenuhi Bakul Jajanan dan Mainan

Permakaman yang identik dengan tempat menyeramkan bagi sebagian orang malah digunakan bakul jajanan berjualan.

Joget Mendung Tanpo Udan, Instagram NCT Dream Diserbu Netizen Indonesia

NCT Dream membuat heboh netizen Indonesia dengan joget lagu koplo Mendung Tanpo Udan, yang dipopulerkan oleh Ndarboy Genk.

Doa Agar Anak Rajin Ibadah Salat, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa agar anak rajin ibadah salat yang bisa dibaca oleh para orang tua, dilengkapi dengan latin dan artinya.

Viral! Pria Pamerkan Kekuatan Mistis yang Buat Mandau Terbang

Sosok pria menampilkan kekuatan mistis yang membuat mandau terbang tanpa disentuh.

Tata Cara Salat Jenazah, Lengkap dengan Doa

Berikut tata cara dan doa salat jenazah sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad.

Begini Tanda Seseorang Merasa Klik dengan Orang Lain

Penelitian tentang bagaimana tanda seseorang klik dengan orang lain ini diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.

7 Dekorasi Imlek Ini Dipercaya Mendatangkan Keberuntungan

Setiap dekorasi dalam perayaan Imlek memiliki makna tersendiri dan dipercaya dapat membawa keberuntungan pada sebuah rumah berikut penghuninya.

Unik! Bakul Mi Ayam Ini Masak Sambil Joget, Alasannya Bikin Heran

Seorang bakul berjoget saat memasak mi ayam pesanan pembeli, konon agar masakannya lebih lezat.

Awas! Lima Ruam Kulit Ini Menunjukkan Gejala Awal Covid-19

Ada lima jenis ruam kulit yang menunjukkan gejala awal Covid-19, apa saja ya?

Demam di Musim Hujan dan Banjir Bisa Jadi Tanda 7 Penyakit Ini

Keluhan seperti demam dan tidak enak badan sering kali terdengar di musim hujan dan banjir.

Viral! Aksi Heroik Sejumlah Santri Gagalkan Pencurian Motor

Viral video aksi heroik sejumlah santri yang berhasil mengagalkan pencurian motor di tempat parkir Jalan Raya Pasar Nongkojajar, Mesagi, Wonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Viral Video Ridho DA Suruh Istri Makan Bekas Jilatan, Netizen: Jorok!

Video viral Ridho DA yang meminta istrinya untuk memakan jajanan yang habis ia jilat mendapatkan kritikan netizen.

Fakta-Fakta Varian BA.2, Virus Baru yang Disebut Son of Omicron

Meskipun informasi mengenai varian BA.2 masih sedikit, berikut fakta-faktanya yang perlu Anda ketahui.