SOLOPOS.COM - Ilustrasi ikut casting untuk jadi artis. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Tidak sedikit penggemar dunia seni peran bermimpi bisa menjadi artis, namun tidak tahu caranya. Padahal sebetulnya peluang ada dimana-mana.

Bahkan meski pun kamu tidak tinggal di Jakarta seperti terjadi pada artis asal Wonogiri yang bisa bintangi sinetron SCTV, kamu tetap bisa menjadi bintang film asalkan tahu caranya. Sudah banyak bukti kok mereka yang berasal dari daerah bisa jadi artis populer.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ada beberapa cara untuk menjadi artis yang terkenal dengan mudah, kalian bisa mempraktikkan salah satunya. Dikutip dari laman RCTI plus, Selasa (15/2/2022), berikut ini cara menjadi artis:

1. Join Agensi

Salah satu cara jadi artis adalah bergabung dengan agensi. Agensi adalah sebuah perusahaan atau badan yang menaungi para artis untuk berkarya di bidang hiburan. Pada umumnya, tahap pertama untuk menjadi artis adalah dengan bergabung bersama agensi. Dengan join ke agensi, para artis dapat banyak promosi sehingga lebih mudah untuk terkenal.

Baca Juga: Keren! Artis Asal Wonogiri Bintangi Sinetron SCTV

Di balik beragam acara televisi di Tanah Air, terdapat banyak agensi manajemen artis sebagai naungan para artis. Umumnya agensi-agensi tersebut akan membuka audisi untuk merekrut artis-artis baru untuk disalurkan jadi bintang iklan atau bahkan sinetron. Untuk itu, dipastikan kalian harus selalu up to date terhadap jadwal audisi yang mungkin akan diadakan dengan agensi pilihanmu.

2. Portofolio

Untuk mendaftarkan diri ke agensi, hal yang harus kamu siap kan adalah portofolio. Berupa rekam jejak di bidang entertainment, serta profil data diri secara lengkap disebut portofolio. Kamu bisa melampirkan video dirimu saat berakting atau memainkan peran. Portofolio dapat dikirim langsung ke email perusahaan agensi.

Dengan memiliki portofolio, kalian bisa langsung melamar ke beberapa agensi atau manajemen artis yang namanya cukup besar dan sudah terkenal.

3. Mengikuti Casting

Pada umumnya, salah satu cara menjadi pemain sinetron di Tanah Air banyak yang dikenal melalui berbagai tahapan yang panjang, salah satunya casting di berbagai tempat. Walaupun terdengar melelahkan, namun casting dapat menjadi jalan untuk sukses sebagai artis yang terkenal.  Gak usah khawatir, jaman sekarang ini sudah banyak agensi yang membuka peluang untuk casting. Salah satunya dengan mengikuti casting online.

Baca Juga: So Sweet! Reza Rahadian Beri Buket Bunga ke Prilly Latuconsina

Artis cantik Natasha Wilona, mengaku memiliki perjuangan yang cukup panjang dan tidak mudah untuk menjadi artis terkenal. Dimulai dari ikut lomba, casting iklan, casting sinetron, dan juga lomba fashion show sejak ia masih di usia belia.

4. Mengikuti Audisi Ajang Pencarian Bakat

Selain join agensi, ada cara lain untuk bisa menjadi seorang artis yang terkenal.  Mengikuti audisi ajang pencarian bakat. Yap! Bener banget!

5. Mencoba Peran Figuran

cara menjadi artis
Ilustrasi jadi pemeran figuran. (Freepik)

Perlu diingat, di dunia ini tidak ada yang instan. Mie instan aja perlu dimasak terlebih dahulu, begitu juga untuk menjadi seorang artis yang terkenal. Kamu boleh berharap lebih, namun tetap harus bisa memakai logika dan jangan gengsi. Misalnya adalah dengan menerima peran-peran figuran.

Berperan sebagai figuran dapat digunakan sebagai batu loncatan. Sebelum menjadi pemeran sinetron yang punya nama, tak ada salahnya kamu mengambil tawaran untuk menjadi figuran. Dengan menjadi figuran, kamu bisa mendapatkan pengalaman dan relasi yang tentunya sangat berharga.

6. Kamu juga bisa mencoba untuk jadi penonton bayaran.

Tapi jujur, perjuangannya emang agak berat karena biasanya kita diminta harus bisa menghabiskan waktu berjam-jam dengan bayaran yang tak seberapa. Tapi siapa sangka, ada beberapa penonton bayaran yang akhirnya jadi artis lho guys!

Contohnya seperti Ade Sunandar, Pandji Pragiwaksono, Ayu Ting Ting, bahkan Nikita Mirzani. Kuncinya satu, jangan gengsi dan terus mencoba!

7. Artis Intern

Mungkin kedengarannya agak asing, tapi dengan magang bersama artis kamu bisa mendapat banyak peluang lho! Kamu bisa mengajukan diri sebagai seorang asisten artis terkenal dengan cara mengikuti akun media sosial mereka, kali aja lagi buka lowongan.

Baca Juga: Natasha Wilona Bantah Pindah Agama, Deretan Artis Ini Jadi Mualaf

Contohnya seperti artis cantik dan berbakat, Cut Keke.  Mungkin tak banyak yang menyangka jika Cut Keke memulai kariernya di dunia hiburan dengan menjadi seorang aspri alias asisten pribadi. Sebelum menjadi artis terkenal seperti sekarang ini, Cut Keke merupakan asisten pribadi dari pengacara kondang Tanah Air, Hotman Paris Hutapea.

8. Aktif di Media Sosial

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang artis yang terkenal adalah membuat dan aktif di media sosial!  Dimulai dari membuat konten yang kreatif, edukatif, dan menarik, secara tidak langsung bisa mempromosikan diri kamu ke dalam dunia entertainment. Tak sedikit artis terkenal di Indonesia yang mengajak artis di media sosial untuk bekerja sama dan melakukan kolaborasi. Kalian bisa membuat konten di Youtube, Instagram, bahkan Tiktok yang isinya bermanfaat dan berbeda dari yang lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya