SOLOPOS.COM - Seorang laki-laki membawa tas melewati banjir di Dusun Kebon Lauk, Desa Sesela, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Senin (6/12/2021). (Antara)

Solopos.com, SOLO-Bagi Anda yang tinggal di daerah rawan banjir sebaiknya perlu mengetahui bagaimana cara menghadapi bencana air ini agar tubuh tetap sehat. Sebagaimana diketahui saat ini sejumlah daerah dilanda banjir misalnya Jakarta.

Mereka yang tinggal di wilayah rawan banjir wajib tahu bagaimana cara menghadapi bencana ini. Hal ini karena tak hanya berisiko menularkan penyakit melainkan juga bisa mengancam keselamatan jiwa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kementerian Kesehatan dalam situs resminya membagikan cara menghadapi banjir sekaligus mencegah penyakit yang gampang menyerang saat banjir. Berikut ini tipsnya seperti dikutip dari hellosehat.com pada Selasa (7/12/2021):

1. Mengungsi ke tempat yang lebih tinggi

Langkah utama yang bisa Anda lakukan ketika menghadapi luapan air banjir adalah beranjak ke lokasi yang lebih tinggi.  Pindahkan barang-barang penting yang bisa tergenang banjir ke tempat yang lebih tinggi, misalnya ke lantai dua. Dengan begitu, kerusakan perabotan yang ada di rumah bisa diminimalisasi.

Baca Juga: 4 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Risiko Demensia

Jika memiliki lantai dua, Anda juga dapat mengungsi meskipun genangan air hanya sebatas mata kaki. Meski genangan air tidak parah, ketika kaki Anda terus-menerus terkena air banjir maka bisa menimbulkan masalah kesehatan nantinya, seperti kaki gatal, kulit mudah terkelupas, atau kutu air.

Hal ini berisiko terjadi karena air banjir sangat mungkin telah bercampur dengan kotoran, sampah, dan sebagainya. Selain itu, kondisi kaki jadi lebih lembap dan memicu pertumbuhan jamur tertentu. Untuk itu, pindah ke area yang kering bebas banjir adalah cara paling tepat dalam menghadapi banjir.

2. Waspadai saluran air di sekitar

Selain kerugian materi, banjir kerap kali memakan korban. Kasus paling ringan adalah terpeleset atau terjatuh karena sulit berjalan dengan baik di antara genangan air. Nah, yang perlu Anda perhatikan adalah kubangan air atau saluran air yang ada di sepanjang jalan dan tertutupi oleh banjir.

Jadi, ketika Anda menuju tempat pengungsian saat banjir, lebih baik memilih berjalan di area tengah karena saluran air biasanya ada di sekitar pinggiran jalan. Perhatikan langkah Anda sambil meraba-meraba apa yang Anda injak di bawah kaki. Cara menghadapi banjir ini perlu Anda terapkan karena bisa menghindari Anda dari jatuh atau tenggelam dan terbawa arus banjir di saluran air yang cukup deras.

Baca Juga:  Big Hit Music Berikan BTS Cuti Panjang, Ini Alasannya

3. Matikan jaringan listrik

Hal yang perlu Anda waspadai ketika menghadapi banjir adalah pastikan semua aliran listrik sudah dimatikan dan hindari menyentuh apa pun yang memiliki muatan listrik selama berada di genangan banjir.

Ini karena benda-benda bermuatan listrik tersebut bisa rusak atau mungkin membuat Anda tersengat listrik saat banjir. Jadi, beri tahu semua anggota keluarga Anda mengenai hal ini supaya baik kerusakan maupun kecelakaan tidak terjadi.

4. Lindungi diri dari penularan berbagai penyakit

Masalah kulit saat banjir sangat umum menyerang. Ini karena air banjir yang kotor dan dapat tercampur dengan limbah, bahan kimia, maupun polutan.  Kulit yang terus-menerus terkena air genangan banjir bisa menimbulkan rasa gatal. Bisa juga menyebabkan kutu air atau memicu kambuhnya gejala eksim pada beberapa orang. Jadi, gunakan sepatu boot jika Anda perlu melakukan aktivitas di antara genangan air.

Baca Juga: Melihat Keindahan 5 Danau di Gunung Semeru yang Saat Ini Erupsi

Hindari luka terbuka yang ada di kaki atau bagian tubuh lainnya dari genangan air banjir. Pastikan luka tersebut selalu bersih dan kering. Pasalnya, luka bisa terinfeksi jika terkena air banjir yang kotor. Minta bantuan tim medis, jika luka pada kulit terasa hangat jika disentuh, kemerahan, atau menimbulkan rasa nyeri disertai keluarnya cairan.

Jaga kebersihan peralatan makan dan sumber air yang digunakan untuk minum atau membersihkan diri. Oleh karena itu, cara terbaik menghadapi banjir adalah menjaga kesehatan diri dan keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya