SOLOPOS.COM - Ilustrasi membuka aplikasi WA. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Banyak sekali pengguna WhatsApp yang penasaran bagaimana cara mengetahui WA disadap atau tidak? Simak ulasannya di info teknolgi kali ini.

Aplikasi pesan instan ini memang rawan disadap oleh orang lain sehingga membahayakan privasi dalam berkomunikasi.  Dalam berkomunikasi, privasi merupakan suatu kewajiban. Tentu kalian tidak ingin ada orang lain yang mengetahui isi percakapan WhatsApp. Terlebih jika isi percakapan mencakup hal-hal pribadi seperti foto atau video pribadi

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

WhatsApp memang memiliki fitur untuk mengirimkan pesan berupa foto atau video. Selain itu, tersedia pula fitur untuk telepon, video call mengirimkan lokasi dan mengirimkan data. Semua fitur yang tersedia akan memudahkan komunikasi para pengguna WhatsApp.

Nah berikut ini sejumlah cara untuk mengetahui WA kamu disadap atau tidak seperti dikutip dari berbagai sumber pada Selasa (25/7/2023):

1. WhatsApp Web Aktif

Pada aplikasi WhatsApp disediakan fitur bernama WhatsApp Web. Fitur ini berguna untuk mengakses WhatsApp dari perangkat lain. Nah apabila WhatsApp Web ternyata aktif, namun kalian merasa tidak pernah mengaktifkannya maka besar kemungkinan akun WhatsApp telah disadap oleh orang lain.

2. Chat WhatsApp Terbaca Secara Otomatis

Cara mengetahui WA disadap yang kedua adalah dengan melihat pesan WhatsApp. Apabila tiba-tiba pesan WA telah terbaca, namun kalian tidak merasa pernah membuka ataupun membaca pesan tersebut, maka bisa dikatakan orang lain telah membuka dan membaca chat yang masuk.

3. Akun WhatsApp Logout Sendiri

Satu akun WhatsApp hanya bisa terhubung dengan satu nomor telepon yang digunakan pada satu perangkat. Itu artinya akun WhatsApp hanya bisa digunakan pada satu perangkat saja. Jadi apabila akun WhatsApp tiba-tiba logout sendiri, maka kemungkinan dibajak dan disadap oleh orang lain.

Sebenarnya cukup sulit untuk membajak akun WhatsApp, karena saat login membutuhkan kode otp yang dikirim ke nomor handphone yang terhubung. Namun bisa saja nomor sudah diganti oleh orang lain, sehingga akun telah berpindah tangan.

4. Mengirim Pesan ke Orang Lain tanpa Sepengetahuan Kamu

Cara lain untuk mengetahui WA disadap atau tidak adalah dengan melihat history chating. Apabila ternyata ada pesan yang dikirim orang lain tanpa sepengetahuan pengguna, maka bisa dipastikan akun telah disadap dan digunakan oleh orang lain.

Untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dikirim dan dibaca oleh penerima adalah dari warna icon. Apabila sudah dibaca oleh penerima, maka akan muncul icon centang biru. Namun apabila belum terbaca maka ikonnya berwarna hitam.

Salah satu tujuan menyadap WA adalah untuk nyepam pesan ke orang lain tanpa kita sadari. Untuk menghindari hal tersebut, kami sarankan untuk mengecek pengaturan WhatsApp Web, apakah aktif atau tidak. Sebab satu-satunya cara termudah untuk menyadap WA adalah dengan menggunakan fitur WhatsApp Web.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya