Begini Cara Mengatasi Cegukan Selain Minum Air Putih

Ketahui sejumlah cara mengatasi cegukan selain minum air putih.

Rabu, 28 September 2022 - 10:44 WIB Editor: Astrid Prihatini WD | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Minum air putih merupakan salah satu cara mengatasi cegukan. (Ilustrasi/Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Mengalami cegukan di saat-saat penting misal presentasi tentu bikin jengkel, karena itu ketahui berbagai cara mengatasi gangguan ini. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Ketika diafragma kejang atau berkontraksi, udara masuk terlalu cepat ke dalam paru-paru. Ini membuat katup saluran pernapasan menutup untuk menghentikan lebih banyak udara yang masuk. Tertutupnya katup saluran udara inilah yang menimbulkan bunyi ‘hik’ khas cegukan.

Tidak ada alasan pasti mengapa seseorang mengalami cegukan. Namun, kondisi atau aktivitas sehari-hari berikut ini dinilai dapat memicu cegukan:

– Merasakan emosi yang kuat seperti gugup, sangat gembira, atau stres
– Perubahan suhu mendadak
– Mengonsumsi minuman beralkohol atau bersoda
– Makan terlalu banyak atau cepat
– Menelan terlalu banyak udara
– Mengonsumsi obat tertentu
– Menderita kondisi medis tertentu, seperti penyakit saluran cerna, gangguan jantung dan paru-paru, kerusakan atau iritasi pada saraf yang mengatur otot diafragma, atau gangguan sistem saraf pusat

Baca Juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh saat Tidur Bikin Penasaran

Selain minum air, ada beberapa cara untuk menghilangkan cegukan. Berikut ini ulasannya seperti dikutip dari alodokter.com pada Rabu (28/9/2022):

1. Menarik dan menahan napas secara bergantian

Tarik napas dalam-dalam dan tahan selama 10–20 detik. Kemudian embuskan napas pelan-pelan. Ulangi cara menghilangkan cegukan ini sebanyak 3 kali.

2. Minum air

Selain menahan napas, minum air juga bisa menjadi cara menghilangkan cegukan yang mudah dilakukan. Agar efektif, Anda disarankan untuk menelan banyak air dalam sekali tegukan.

3. Bernapas dengan bantuan kantong kertas

Siapkan kantong kertas daur ulang. Kemudian masukkan wajah Anda ke dalam kantong kertas dan hiruplah udara di kantong tersebut. Cara menghilangkan cegukan yang satu ini membuat Anda menghirup lebih banyak karbon dioksida (CO2). Penelitian membuktikan bahwa peningkatkan kadar CO2 di dalam darah dapat melemaskan diafragma, sehingga membuat cegukan berhenti.

Baca Juga:  Pencinta Micin, Ketahui Nih Efek Samping Mengonsumsi MSG Berlebihan

Selain cara menghilangkan cegukan di atas, ada beberapa cara sederhana lainnya yang juga dipercaya efektif dalam menghentikan cegukan, yaitu:

– Menjulurkan lidah
– Menelan gula pasir
– Mengisap potongan lemon
– Berkumur

4. Mendapatkan penanganan dari dokter

Jika cegukan berlangsung lebih dari 2 hari atau sampai mengganggu kegiatan sehari-hari, seperti makan, bernapas, atau tidur, Anda disarankan untuk pergi ke dokter.

Baca Juga: Pilihlah Es Teh tanpa Gula agar Kesehatan Tubuh Terjaga

Cegukan yang berlangsung lama dapat menjadi gejala suatu penyakit. Cegukan ini dapat dihilangkan dengan cara mengobati penyakit yang diderita. Selain itu, dokter juga mungkin meresepkan obat untuk menenangkan diafragma, seperti gabapentin, baclofen, atau chlorpromazine.

 

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif