Begini Cara Menanam Monstera Marmorata Seperti Dibeli Warga Sragen

Salah satu jenis tanaman hias ini yang paling disukai adalah monstera marmorata lantaran memiliki corak unik pada daunnya.

Astrid Prihatini WD/Newswire - Solopos.com
Selasa, 30 November 2021 - 23:15 WIB

SOLOPOS.COM - Monstera marmorata. (Biggo)

Solopos.com, SOLO-Belum lama ini seorang warga Sragen rela melakukan barter mobil dengan monstera marmorata, sebenarnya apa sih keistimewaannya ya? Mostera menjadi salah satu tanaman yang menempati puncak tren tanaman hias saat ini karena keunikannya.

Salah satu jenis tanaman hias ini yang paling disukai adalah monstera marmorata lantaran memiliki corak unik pada daunnya. Karena harga tanaman yang satu ini tergolong tinggi di pasaran. Yuk mengenal lebih lanjut jenis tanaman hias sultan ini.

Ciri, Bentuk, dan Warna

Satu hal paling menonjol pada monstera sudah pasti terletak pada daunnya yang punya bentuk unik dan corak warnanya. Monstera satu ini memiliki daun yang terbilang cukup lebar dengan permukaannya yang licin dan mengkilap. Seperti beberapa jenis Monstera lain, daun tanaman ini juga punya tepian yang tidak wajar dengan beberapa seperti punya sobekan.

Warna daun adalah yang paling ikonis dimana ada corak berwarna hijau muda atau kekuningan pada bagian atasnya. Corak ini tidak teratur dan tersebar begitu saja dengan keunikan corak pada setiap daunnya, tidak mengikuti bentuk tulang daun. Daunnya berbentuk seperti hati dengan permukaan lebar bisa mencapai 30 cm lebih setiap helainya.

Baca Juga: Wuihhh, Warga Sragen Barter Mobil dengan 1 Pot Monstera Marmorata

Batang tanaman tumbuh menempel pada media lain, tidak heran jika tanaman umumnya diberikan tiang panjat untuk pertumbuhannya. Batang tanaman sendiri berwarna hijau dan pada beberapa bagian akan tumbuh akar yang berfungsi menempelkan tanaman pada tiang panjat.

Mengutip laman planstory.com pada Selasa (30/11/2021), tangkai daun tanaman ini cukup panjang berbentuk bulat dan berwarna hijau tua, berbentuk sama seperti batangnya. Sayangnya, tanaman satu ini tidak bisa menghasilkan bunga, hanya daun yang menjadi daya tarik utamanya

Cara Menanam

Monstera marmorata termasuk ke dalam salah satu jenis Monstera yang cukup sulit untuk dikembang biakkan. Akan tetapi penanaman tanaman ini bisa dilakukan dengan mengikuti berbagai cara berikut ini:

1. Pembentukan Anakan dengan Stek Batang

Sebelum melakukan pembentukan anakan, siapkan alat seperti gunting tajam dan steril serta media yang akan dipilih. Melakukan stek batang perlu menyiapkan media tanam berupa campuran humus dan pasir yang sudah dilembabkan. Potong bagian batang dengan beberapa daun di atasnya kemudian masukkan ke dalam media tanam. Tunggu hingga akar tumbuh.

Baca Juga: Song Hye Kyo dan Jun Ji Hyum Artis Korea Berbayaran Termahal

2. Mempersiapkan Media Tanam

Akar tanaman biasanya akan tumbuh dalam waktu 3 pekan-6 pekan, siapkan media tanam lain dalam waktu tersebut. Media tanam yang digunakan yaitu tanah dengan aerasi yang baik dan juga bisa mengering dengan mudah. Campuran dari lumut gambut, kulit kayu untuk tanaman anggrek, serta sebagian perlit merupakan media tanam paling baik yang bisa dipakai.

3. Pemindahan Anakan

Meskipun memiliki daun yang lebar, pot untuk tanaman ini tidak perlu terlalu besar, sesuaikan saja dengan perakarannya. Masukkan media tanam ke dalam pot berlubang drainase yang baik di bagian bawahnya. Kemudian, letakkan tanaman di atasnya kemudian tutup akar dengan media tanam. Tiang panjat diletakkan di dalam pot, sebisa mungkin mudah dijangkau oleh tanaman.

Baca Juga:  Awas Tertipu! Ini Perbedaan Monstera Marmorata dengan Sirih Gading

Cara Merawat

Monstera Marmorata merupakan tanaman yang perlu diberikan air secara sederhana sesuai dengan cuaca. Ketika cuaca sedang panas, penyiraman dilakukan sebanyak dua kali setiap minggunya. Sedangkan ketika cuaca sering hujan, penyiraman seminggu sekali sudah mencukupi, selalu cek saja kelembaban media tanam.

Peletakan tanaman punya pengaruh penting terhadap perkembangan daun, meletakkan tanaman di tempat yang terang. Jangan sampai daun terkena cahaya matahari langsung dalam jangka waktu lama karena bisa menyebabkan daun terbakar berciri warnanya menjadi cokelat.

Memelihara Monstera marmorata di rumah bisa memberikan kesan menyejukkan sekaligus segar pada suasana rumah. Perawatan tanaman yang mudah juga terjadi pada pemupukan yang perlu dilakukan setiap 2 minggu sekali menggunakan pupuk cair.

 

 

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif