SOLOPOS.COM - Minyak kelapa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Salah satu cara menyiasati kenaikan harga minyak goreng yang meroket adalah dengan membuat sendiri minyak kelapa, caranya cukup mudah dan murah kok.  Dengan demikian Anda bisa memiliki minyak goreng yang sehat karena bikinan sendiri di rumah.

Sebelum membuat minyak kelapa, ketahui terlebih dulu kandungan di dalamnya. Minyak kelapa memiliki beragam kandungan yang baik untuk kesehatan, seperti asam laurat dan lemak jenuh yang disebut medium chain triglycerides (MCT). Jenis lemak tersebut dapat digunakan oleh hati untuk menghasilkan energi bagi tubuh.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Berikut ini cara membuat minyak kelapa dengan mudah di rumah seperti dikutip dari alodokter.com pada Kamis (17/2/2022):

Baca Juga: Mau Memakai Ulang Minyak Goreng Bekas? Ketahui Risikonya terhadap Tubuh

1. Merebus kelapa

Langkah pertama membuat minyak kelapa adalah dengan merebus buah kelapa. Terlebih dulu siapkan 4 gelas air, lalu panaskan hingga beruap. Sambil menunggu air beruap, parut 2 butir kelapa yang sudah tua. Campurkan parutan kelapa ke air panas, lalu haluskan menggunakan blender.

Saring air kelapa yang sudah dihaluskan menggunakan saringan yang rapat untuk mendapatkan santan. Jika santan sudah terkumpul, rebus dengan suhu sedang.

Baca Juga: Harga Mahal, Minyak Goreng Boleh Dipakai Lagi Berapa Kali?

Aduk terus tanpa henti hingga air mendidih, beruap, dan santan yang berwarna kecokelatan terpisah dari minyak. Proses ini umumnya memakan waktu hingga 1 jam.

 2. Menyaring kelapa

Potong kecil-kecil daging kelapa yang sudah tua. Blender hingga halus dan jika dibutuhkan, Anda bisa menambahkan air untuk memudahkan dan mempercepat proses pembuatannya.

Saring hasil blender hingga menghasilkan santan. Tambahkan air dan lakukan berulang agar menghasilkan santan yang banyak. Diamkan hasil perasan dalam wadah toples selama 24 jam agar lapisan santan dan minyak kelapa terpisah.

3. Mengendapkan kelapa

Gunakan kelapa segar atau kelapa parut tawar yang dijual di toko. Jika menggunakan kelapa segar, potong kecil-kecil dan keringkan selama 1 hari. Namun, jika memakai kelapa parut yang dijual di toko, pastikan Anda memakai jenis kelapa yang permukaannya kasar.

Baca Juga: Ingin Dipakai Ulang? Begini Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas

Masukkan kelapa ke blender sedikit demi sedikit. Tuangkan hasil blender ke dalam toples dan simpan di tempat yang bersuhu hangat selama sehari penuh. Setelah itu, minyak kelapa akan terlihat muncul di permukaan, sedangkan lapisan kental akan mengendap di dasar toples.

Meski minyak kelapa menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan, sebenarnya hal tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Oleh karena itu, Anda tidak disarankan hanya mengandalkan minyak kelapa untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya