Begini Cara Memasak Daging Sapi agar Empuk

Ketahui cara memasak daging sapi agar cepat empuk.

 Daging sapi. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Daging sapi. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Hari Raya Iduladha 2022 sudah di depan mata, sebaiknya ketahui cara memasak daging sapi agar empuk.  Hal ini mengingat daging merah umumnya butuh waktu lama untuk jadi empuk saat dimasak, berlama-lama merebus bisa bikin isi tabung gas cepat habis.

Nah, agar Anda tidak perlu berlama-lama merebusnya dan bisa bisa hemat gas simak triknya di tips memasak sehat kali ini. Karena biasanya pada saat Hari Raya Iduladha, stok daging kurban berlimpah.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Berikut ini cara memasak daging sapi agar empuk seperti dikutip dari maggi.id pada Rabu (6/7/2022):

1. Bungkus dengan Daun Pepaya

Ada cara alami yang bisa Anda lakukan untuk membuat daging merah lebih empuk tanpa boros gas, yaitu memanfaatkan daun pepaya. Daun pepaya punya kandungan enzim alami yang berfungsi memecah protein dalam daging sehingga jadi lebih empuk.

Baca Juga: Perlu Tahu, Ini 3 Golongan Penerima Daging Kurban Saat Iduladha

Triknya mudah. Anda  cukup mengambil daun pepaya, bersihkan dengan air mengalir, keringkan, lalu jadikan pembungkus daging. Usahakan setiap bagian daging terbungkus dengan baik dan diamkan selama sekitar 1 jam. Setelah itu, daging siap diolah.

2. Lumuri dengan Jus Nanas

Selain pakai daun pepaya, Anda juga bisa memanfaatkan buah nanas sebagai cara memasak daging sapi agar empuk. Sama seperti daun pepaya, nanas juga punya enzim alami yang bisa bikin daging merah lebih cepat empuk.

Bedanya, kalau daun pepaya cukup dijadikan pembungkus daging, buah nanas perlu dihaluskan atau dijus. Anda perlu melumuri daging merah dengan nanas yang sudah dihaluskan atau dijus, lalu diamkan selama 30 menit.

Setelah itu, daging pun siap dimasak sesuai selera. Kalau mau lebih praktis, Anda juga bisa pakai jus nanas sebagai salah satu bahan marinasi. Tapi, pastikan proses marinasi cukup 30 menit supaya tekstur dan rasa daging nggak berubah, ya.

Baca Juga: Iduladha di Indonesia & Arab Saudi Berbeda, Kapan Puasa Arafah 2022?

3. Diamkan Daging pada Suhu Ruangan

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan adalah mendiamkan daging merah pada suhu ruangan. Cara ini bisa dipilih kalau Anda nggak punya stok daun pepaya atau buah nanas, tapi tetap ingin menghemat gas.

Pertama, kalau Anda menyimpan daging di freezer, sebaiknya simpan di rak bawah terlebih dulu dalam wadah tertutup sejak malam sebelumnya. Setelah itu, sekitar 30 menit sampai 1 jam sebelum memasak, Ibu bisa mengeluarkan daging merah dari kulkas, dan tetap simpan di dapur dalam wadah tertutup.

Baca Juga: Apakah Nanas Bisa Membuat Daging Empuk? Ini Penjelasannya

Mendiamkan daging merah di suhu ruangan membantu suhu dagingnya turun secara perlahan dan stabil, sehingga teksturnya lebih empuk secara merata. Sembari menunggu daging merah lebih empuk, Ibu bisa menyiapkan bahan masakan lainnya. Perlu Ibu ingat bahwa keempukan dagingnya nggak akan seperti saat pakai daun papaya atau buah nanas, ya. Tapi, cara ini lebih baik ketimbang langsung mengolah daging dari kulkas untuk dimasak.

4. Potong Berlawanan Serat Daging

Cara memasak daging sapi agar empuk lainnya adalah memerhatikan cara potongnya. Anda bisa melihat serat yang memanjang pada daging. Nah, supaya dagingnya empuk, Anda bisa memotong daging berlawanan arah dengan serat dagingnya.

Tujuannya, untuk bikin serat lebih pendek sehingga daging lebih cepat empuk saat dimasak dan mudah dikunyah ketika dimakan.

5. Manfaatkan Uap Panas

Uap panas juga bisa jadi cara masak daging sapi agar empuk tanpa boros gas, lho. Untuk mempraktekkan trik ini, kuncinya adalah tidak membuka tutup panci dan gunakan stopwatch di handphone supaya pengukuran waktunya lebih tepat. Lalu, gimana caranya?

Baca Juga: Pencucian Daging Kurban di Sungai Wonogiri Dilarang, Ini Tujuannya

Pertama, didihkan air dan rebus daging merah selama lima menit dalam panci tertutup. Setelah itu, matikan kompor dan diamkan daging di dalam panci selama 30 menit. Terakhir, nyalakan kembali kompor dan rebus daging selama 7 menit. Dengan menerapkan trik ini, Ibu hanya menyalakan kompor selama 12 menit, tapi secara teknis sudah memasak daging selama lebih dari setengah jam. Lumayan, kan?

 

 

 

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Getirnya Lagu Kanjuruhan dan Konsistensi Kritik Sosial Iwan Fals

      Getirnya Lagu Kanjuruhan dan Konsistensi Kritik Sosial Iwan Fals

      Lewat lagunya berjudul Kanjuruhan, Iwan Fals menunjukkan konsistensinya sebagai musisi yang menyuarakan kegelisahan hati masyarakat di balik Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan sekitar 130 orang. Kritik sosial tercermin dari setiap lirik lagunya yang terasa getir dan menyayat hati.

      Berita Terkini

      Foto Profil Instagram Gibran Bikin Heboh Lagi, Netizen: Ada Masalah Apa to Mas

      Foto profil di akun Instagram resmi Gibran Rakabuming Raka kembali menjadi sorotan dengan menampilkan background Upin & Ipin.

      Kumpulan Kata-kata untuk Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2022

      Berikut ini terdapat kumpulan kata-kata yang bisa digunakan untuk ucapan selamat Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 8 Oktober 2022.

      Bahaya Obat Kuat Tradisional Ilegal, Bisa Sebabkan Kematian

      Kemudahan akses membeli barang melalui online juga berimbas pada pembelian obat tradisional termasuk penjualan produk obat di bawah standar BPOM.

      Arti Mimpi Melihat Alien Tak Seburuk yang Dibayangkan

      Berikut ini sejumlah arti melihat alien.

      Simak Nih Beda Hotel Melati dan Berbintang

      Agar tidak salah pilih tempat akomodasi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beda hotel melati dan berbintang.

      Waspadai Efek Samping Obat Kuat

      Meski dapat membantu menggairahkan kehidupan seksual pasutri, mengonsumsi obat kuat pria memiliki beberapa efek samping yang harus diwaspadai.

      Tips Liburan ke Jepang di Tengah Pandemi Covid

      Demi kepentingan pariwisata, Jepang akan membuka perbatasannya dengan negara luar mulai 11 Oktober 2022 mendatang. 

      Ini Manfaat Tidur dengan Kucing

      Seperti memelihara hewan, tidur dengan kucing juga memiliki segudang manfaat.

      Ketahui Makanan Pantangan untuk Ibu Hamil

      Ada sejumlah makanan pantangan ibu hamil.

      Kenali Faktor Penyebab Ibu Tega Bunuh Anak Kandung seperti Terjadi di Sragen

      Masih banyak masyarakat menghakimi lantaran enggan memahami faktor penyebab ibu membunuh anak kandung mereka

      Gratis, Ini Cara Mudah Buat Kacamata Gratis dengan BPJS

      Bagi Anda yang memiliki gangguan penglihatan pada mata dan wajib menggunakan kacamata, maka bisa membuat kacamata gratis melalui BPJS Kesehatan. Dikutip dari situs BPJS Kesehatan, Selasa (4/10/2022).

      Arti Mimpi Kereta Api, Pertanda Diri Sendiri Harus Tetap Waspada

      Arti mimpi terkait kereta api memiliki penafsiran beragam tergantung konteksnya.

      Ketahui Konversi Ukuran Sepatu US UK EU sebelum Membeli Alas Kaki

      Mengetahui konversi ukuran sepatu US, UK, dan EU sangat penting mengingat produsen alas kaki berasal dari berbagai negara berbeda.

      Ini Alasan kenapa Medical Check Up Perlu Rutin Dilakukan

      Melakukan medical check up pun merupakan salah satu bentuk apresiasi dan bentuk sayang kita pada diri sendiri dan keluarga.

      Kenali Love Bombing, Jerat Manipulatif Pelaku KDRT pada Pasangan

      Love bombing ini dilakukan untuk segera mendapatkan kasih sayang dan perhatian dari seseorang yang mereka kejar secara romantis dengan menghadirkan citra ideal diri mereka sendiri.