Ilustrasi Google Maps. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA - Setelah mengakuisisi Waze pada 2013 lalu, Google mulai mengaplikasikan beberapa fiturnya ke dalam aplikasi peta digital dan navigasi Google Maps. Dalam update terbaru, Google Maps kini memiliki fitur serupa dengan Waze, yaitu indikator kecepatan atau speedometer.

Dilansir The Verge, Minggu (9/6/2019) pengguna Google Maps nantinya bisa melihat kecepatan berkendaranya secara real-time. Indikator kecepatan ini bisa dilihat pengguna di bagian kiri bawah layar ponsel ketika menggunakan layanan penunjuk arah.

Dengan penambahan fitur speedometer ini, Google berharap bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas akibat memacu kecepatan kendaraan terlalu tinggi. Untuk mengaktifkan layanan speedometer ini, pengguna terlebih dahulu harus membuka aplikasi Google Maps dan klik ikon tiga garis horizontal yang ada di sisi kiri atas layar.

Selanjutnya, scroll ke arah bawah dan pilih menu Settings, lalu pilih Navigation Settings. Setelah itu, scroll ke menu Driving Options dan klik toggle untuk Speedometer.

Jika tidak menemukan opsi ini, berarti fitur ini belum tersedia di wilayah Anda. Pasalnya, Google belum meluncurkan fitur tersebut secara global dan baru tersedia di beberapa negara.

Beberapa pengguna Google Maps yang dilaporkan sudah menggunakan fitur ini antara lain berasal dari Argentina, Australia, Belgia, Brazil, Kanada, Republik Ceko, Finlandia, Jerman, India, Belanda, Polandia, Portugal, Swedia, Taiwan, Inggris, dan Amerika Serikat tentunya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten