SOLOPOS.COM - Ilustrasi silaturahmi saat Lebaran. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Saat mendapat pertanyaan kapan nikah saat pertemuan keluarga besar pas Lebaran tidak perlu emosi, ketahui cara jawabnya secara elegan. Simak ulasannya di tips Lebaran kal ini.

Menurut penulis Fiersa Besari, tidak perlu emosi jika mendapatkan pertanyaan-pertanyaan penuh rasa ingin tahu di saat Lebaran. “Enggak perlu marah-marah. Mungkin om dan tante nanya kapan nikah karena bingung gimana caranya memulai obrolan. Kan, enggak mungkin juga mereka mulai obrolan dengan pertanyaan terletak di Garut sebelah manakah makam Hitler?” tulis Fiersa Besari seperti dikutip dari Twitter pada Senin (2/5/2022).

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Nah agar tetap elegan, berikut ini sejumlah cara jawab pertanyaan kapan nikah seperti dikutip dari berbagai sumber:

Baca Juga: Pertanyaan Khas Lebaran Dibahas Warganet, Tante Trending Twitter

1. Bilang terima kasih

Jawaban yang satu ini mungkin bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menjawab kalau ditanya kapan nikah pada kerabat yang berusia lebih tua dari kamu. Selain menjawab terima kasih, Kamu bisa melanjutkan dengan berkata bahwa Kamu tentu akan menemukan pasangan kemudian menikah bila waktunya sudah tepat.

2. Balik bertanya

Kamu bisa mencoba balik bertanya agar si penanya berpikir banyak. Setelah itu, Anda bisa membawa percakapan ke topik lain tanpa harus membahas kenapa Kamu masih jomblo dan belum menikah.

Baca Juga: Cara Menjawab Pertanyaan Sensitif dari Keluarga Besar Saat Lebaran

3. Jawab dengan candaan

Cara jawab kalau ditanya kapan nikah, kamu cukup menjawab dengan candaan dinilai cukup efektif untuk menghadapi kerabat yang bertanya kapan nikah. Coba berikan celotehan-celotehan lucu.

4. Beritahukan keuntungan menjadi jomblo

Jawablah dengan mengemukakan keuntungan menjadi jomblo.   Jelaskan pula bahwa status yang saat ini kamu miliki justru merupakan pilihan yang membahagiakan bagi diri kamu.

5. Ajak bicara secara pribadi

Jika kamu tidak ingin melakukannya di depan orang banyak, maka cobalah mengajaknya untuk bicara secara lebih pribadi.

6. Tidak mau mempermainkan pernikahan

Berikan jawaban dengan kalimat diplomatis. “Menurut aku pernikahan bukan hal untuk ajang cepat-cepatan. Jadi, gak perlu susul-menyusul. Aku gak mau mempermainkan pernikahan, itu membutuhkan persiapan yang matang, dan sekarang aku sedang mempersiapkan itu.”

Baca Juga: Pasar Gede Solo Buka Saat Lebaran, Ini Pedagang yang Masih Berjualan

7. Masih fokus membangun karier

Karier bisa kamu jadikan jawaban, katakana kamu masih fokus dan ingin mencapai banyak karier,dan akan menikah jika sudah waktunya. Jawaban seperti ini akan memberi kesan bahwa kamu adalah seseorang yang menyayangi keluarga, karena kamu juga memikirkan waktu untuk tetap bisa bersama keluarga walaupun bekerja.

8. Minta didoakan

Terlebih kamu sedang tidak mood, dan merasa malas untuk menjelaskan, cukup jawab dengan meminta doa agar disegerakan untuk menemukan pasangan dan menikah di waktu yang pas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya