SOLOPOS.COM - Di kala pandemi, penting sekali ibu tetap waras baik mental maupun fisik (ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, JAKARTA--Menjaga ibu tetap waras kala pandemi Covid-19 ini sangat penting dilakukan. Hal ini agar ibu tetap punya mental yang sehat sehingga efeknya adalah tubuh sehat dan bahagia.

Ibu yang sehat dan bahagia merupakan kunci bagi anak-anak supaya juga sehat dan bahagia. Namun di masa pandemi ini tentu bukan hal mudah bukan menjaga ibu tetap waras baik secara mental maupun fisik? Hal ini mengingat di masa pandemi Covid-19 ini, beban ibu di rumah semakin bertambah. Bagi ibu bekerja, bukan hanya harus bekerja dari rumah melainkan juga harus menemani anak-anak sekolah di rumah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Melansir laman Liputan6.com, Sabtu (3/4/2021), 57 persen wanita mengalami peningkatan stres dan kecemasan, seiring bertambahnya beban mengurus keluarga dan pekerjaan rumah tangga, juga masalah ekonomi selama pandemi Covid-19. Lalu, kekhawatiran akan kesejahteraan anak, kurang istirahat, tidak cukup waktu untuk diri sendiri, serta berbagai permasalahan yang ibu hadapi di saat pandemi jelas membuat ibu semakin kewalahan. Bagaimana menjaga ibu tetap waras di tengah begitu banyak tugas yang harus dilaksanakan? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Baca Juga: Ladies, Ini Tanda Pria Mencintai Dengan Tulus

"Kemampuan menyadari pikiran, emosi dan apa yang ibu rasakan secara fisik dan mental pada momen saat ini, adalah kunci agar ibu mampu beradaptasi dan fokus pada apa yang bisa ia kendalikan, bukan pada hal-hal yang belum pasti," kata psikolog Tiara Puspita mengutip Antara.

Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk menjaga ibu tetap waras di masa pandemi :

1. Self-care

Cara pertama untuk menjaga ibu tetap waras adalah kurangi rasa stres dan cemas dengan lebih peduli terhadap dirinya. Selain dengan memanjakan diri, ibu juga bisa melakukan meditasi untuk membuat ibu lebih rileks dan mendapatkan fokusnya kembali.

Menempatkan kondisi fisik dan emosional sebagai prioritas, mampu membantu ibu mencapai kebahagiaan serta kesehatan yang optimal untuk dirinya dan keluarga.

2. Latih diri untuk menerima situasi

Melatih diri untuk menerima situasi merupakan cara lain agar ibu tetap waras selama pandemi. Sadari bahwa ibu tidak harus selalu sempurna. Dengan memahami batasan antara kedua hal tersebut, ibu dapat mengarahkan energinya secara lebih efektif dan optimal pada hal-hal yang berada dalam kendali.

Penerimaan dapat membantu ibu untuk lebih mampu menerima diri sendiri dengan kelebihan dan kekurangan yang ada, dan dapat membantu memaksimalkan kualitas self-care dan me-time yang dilakukan untuk dirinya sendiri.

Aktris yang juga ibu dua anak, Kimberly Ryder mengatakan ada sejumlah hal yang membantunya keluar dari krisis selama pandemi ini. Yakni dengan mencintai diri sendiri serta kehadiran support system.

Baca Juga: Penyakit Otak Misterius Landa Kanada, Ini Faktanya

"Peran support system juga sangat besar dalam membantu seorang ibu mampu mewujudkan kebahagiaannya, sekaligus membuatnya menjadi lebih tangguh dalam menghadapi segala tantangan. Beruntung saya memiliki pasangan yang tak hanya setia mendampingi, namun terus meluangkan waktu memberikan dukungan," kata istri Edward Akbar tersebut.

3. Menciptakan keharmonisan keluarga

Cara terakhir untuk menjaga ibu tetap waras adalah menciptakan keharmonisan keluarga. Ketika ibu mencontohkan hubungan yang penuh kasih dengan ayah dan anak-anak, mereka akan merasa lebih aman dan dicintai.

Bahasa yang positif, aktif mendengarkan, dan empati bukan saja membantu menciptakan lingkungan keluarga yang damai dan bahagia pada saat-saat stres seperti sekarang, namun juga dapat mempermudah ibu dalam melakukan pembagian tugas dengan seluruh anggota keluarga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya