Tutup Iklan

Begini Cara Iktikaf Ala Rasulullah

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Ramadan segera berakhir. Sejumlah orang mulai berbondong-bondong ke masjid untuk beriktikaf. Iktikaf merupakan ibadah khusus yang hanya bisa dilakukan di masjid. Iktikaf dilakukan dengan cara berdiam diri di masjid dengan membaca Alquran, zikir, salat, dan berdiskusi.

Iktikaf bukanlah syariat yang ditetapkan pada zaman Nabi Muhammad saja. Tapi, sudah ada sejak zaman nabi terdahulu. Itulah sebabnya iktikaf disebut sebagai syariat terdahulu sesuai dengan firman Allah di surat Al Baqarah ayat 125.

“Dan telah kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail. Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang tawaf, orang yang iltikaf, orang yang rukuk dan orang yang sujud.” (QS. Al-Baqarah: 125)

Dalam hadis yang diriwayatkan Ibnu Umar dari Imam Bukhari dan Imam Muslim disebutkan, Nabi Muhammad gemar melakukan iktikaf pada 10 malam terakhir di bulan Ramadan. “Rasulullah selalu beriktikaf pada 10 hari terakhir di bulan Ramadan,” demikian bunyi hadis tersebut.

Iktikaf memang bukan amalan wajib, tapi sangat dianjurkan untuk melatih pribadi menjadi lebih disiplin, mencintai masjid, sekaligus menyongsong datangnya lailatulkadar. Iktikaf semestinya dilakukan di masjid besar atau masjid yang biasa dipakai untuk salat jumat. Lalu sebenarnya apa saja yang sebaiknya saat melaksanakan iktikaf?

Dalam kitab Al Majmu’ ala Syarh Al Muhadzab, seperti dikutip dari situs NU, Sabtu (25/5/2019), Imam Nawawi menjelaskan, orang yang beriktikaf semestinya menyibukkan diri dengan ketaatan, yakni dengan cara salat, bertasbih, berzikir, serta membaca Alquran. Serta menyibukkan diri menimba ilmu dengan cara belajar, mengajar, membaca, menulis, dan berdiskusi. Hal ini merupakan pijakan bagi penganut mazhab Syafi’i.

Sementara dalam kitab Al Fiqh Al Manhaji ‘ala Al Mazhab, Imam Syafi’i menjelaskan beberapa amalan yang sebaiknya dikerjakan saat iktikaf, antara lain salat, berzikir, membaca Alquran, diskusi keilmuan, berpuasa, serta tidak berbicara kecuali yang baik.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Jennifer Bachdim Batalkan Liburan ke Belanda, Ini Penyebabnya

Setelah sampai Jakarta, Jennifer Bachdim justru batalkan rencana liburan ke Belanda.

Kantor Manajemen PSS Sleman Dibakar, Ini Ciri-Ciri Pelaku

Kantor Manajemen PSS Sleman dibakar orang tak dikenal saat klub sepak bola itu bertanding di Stadion Manahan Solo.

Geguritan Sri Harnoko

Nalika ratri wis gingsir, dak papak lumakuning gurit, kang nyimpen carita jaman semana, gawe ati lali mangsa

Tampil Dominan, Persebaya Ditahan Imbang Persik Kediri

Pada pertandingan sebelumnya, 24 November 2021, Persebaya mampu menggilas Persita Tangerang dengan skor mencolok 4-0 di tempat yang sama.  

PSS Sleman Kalah, Kantor Manajemen Dibakar

Kantor Manajemen PSS Sleman atau Omah Sleman dibakar oleh orang tak dikenal saat PSS Sleman melakoni laga kontra Persita Tangerang di Stadion Manahan, Solo.

Peringati Hari Menanam Pohon, 25.000 Bibit Ditanam di Hutan Madiun

Hari Menanam Pohon diperingati warga Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim), dengan menanam pohon di hutan yang kritis.

Libur Akhir Tahun, Pengelola TSTJ Solo Pasrah Ikuti Aturan Pemerintah

Pengelola objek wisata TSTJ Solo sudah bersiap menghadapi berbagai kemungkinan menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru.

Ludivine Sagnier Bergabung dengan Serial Netflix Lupin

Dalam serial Netflix Lupin, Ludivine Sagnier berperan sebagai Claire

28 November Hari Dongeng Nasional, Sudahkah Anda Mendongeng untuk Anak?

Mumpung Hari Dongeng Nasional, ketahui sejumlah manfaat kegiatan ini bagi anak.

Pernah Bikin Es Krim dari BTS Meal, Kini Sisca Kohl Luncurkan Lagu Baru

Sisca Kohl coba merambah dunia tarik suara dengan meluncurkan lagu baru berjudul Mari Kita Coba.

Sragen Waspadai Varian Omicron, Ini Antisipasinya

Sragen masuk wilayah algomerasi Soloraya sehingga semua daerah di Soloraya harus bareng-bareng dalam menentukan status PPKM dan yang menjadi dasar daerah terendah.

Direvisi Luhut, Ini 11 Negara yang Warganya Dilarang Berkunjung

Tak berapa lama setelah pengumuman Ditjen Imigrasi, Luhut Binsar Pandjaitan melakukan jumpa pers merevisi jumlah negara yang warganya dilarang berkunjung ke Indonesia.

Yamaha Gear 125, Si Jago Tanjakan yang Irit BBM

Yamaha Gear 125 menaklukkan tanjakan dan kelokan di Selo, Boyolali, hingga Ketep Pass, Magelang, dalam city tour bersama vlogger, blogger, dan para jurnalis yang digelar Yamaha Putra Utama Motor Boyolali.

Waduh! Banyak Anjing di Soloraya Ditelantarkan dan Dibuang, ke Mana Ya?

Sahabat Anjing Surakarta (SAS) menemukan banyak anjing peliharaan di wilayah Soloraya yang dibuang dan ditelantarkan karena berbagai sebab.

Capaian Vaksinasi Pelajar di Madiun 90%, Seluruh Sekolah Gelar PTM

Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun menyebut seluruh sekolah telah menggelar pembelajaran tatap muka menyusul capaian vaksinasi pelajar yang berada di angka 90%.