Begini Cara Iktikaf Ala Rasulullah

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Ramadan segera berakhir. Sejumlah orang mulai berbondong-bondong ke masjid untuk beriktikaf. Iktikaf merupakan ibadah khusus yang hanya bisa dilakukan di masjid. Iktikaf dilakukan dengan cara berdiam diri di masjid dengan membaca Alquran, zikir, salat, dan berdiskusi.

Iktikaf bukanlah syariat yang ditetapkan pada zaman Nabi Muhammad saja. Tapi, sudah ada sejak zaman nabi terdahulu. Itulah sebabnya iktikaf disebut sebagai syariat terdahulu sesuai dengan firman Allah di surat Al Baqarah ayat 125.

“Dan telah kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail. Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang tawaf, orang yang iltikaf, orang yang rukuk dan orang yang sujud.” (QS. Al-Baqarah: 125)

Dalam hadis yang diriwayatkan Ibnu Umar dari Imam Bukhari dan Imam Muslim disebutkan, Nabi Muhammad gemar melakukan iktikaf pada 10 malam terakhir di bulan Ramadan. “Rasulullah selalu beriktikaf pada 10 hari terakhir di bulan Ramadan,” demikian bunyi hadis tersebut.

Iktikaf memang bukan amalan wajib, tapi sangat dianjurkan untuk melatih pribadi menjadi lebih disiplin, mencintai masjid, sekaligus menyongsong datangnya lailatulkadar. Iktikaf semestinya dilakukan di masjid besar atau masjid yang biasa dipakai untuk salat jumat. Lalu sebenarnya apa saja yang sebaiknya saat melaksanakan iktikaf?

Dalam kitab Al Majmu’ ala Syarh Al Muhadzab, seperti dikutip dari situs NU, Sabtu (25/5/2019), Imam Nawawi menjelaskan, orang yang beriktikaf semestinya menyibukkan diri dengan ketaatan, yakni dengan cara salat, bertasbih, berzikir, serta membaca Alquran. Serta menyibukkan diri menimba ilmu dengan cara belajar, mengajar, membaca, menulis, dan berdiskusi. Hal ini merupakan pijakan bagi penganut mazhab Syafi’i.

Sementara dalam kitab Al Fiqh Al Manhaji ‘ala Al Mazhab, Imam Syafi’i menjelaskan beberapa amalan yang sebaiknya dikerjakan saat iktikaf, antara lain salat, berzikir, membaca Alquran, diskusi keilmuan, berpuasa, serta tidak berbicara kecuali yang baik.


Berita Terkait

Berita Terkini

Rachel Vennya Segera Diperiksa Polisi

Bukan hanya Rachel Vennya, melainkan manajer dan kekasihnya juga ikut diperiksa polisi.

Tumbangkan Wakil China, Anthony Ginting Sempat Degdegan

Pada gim pembuka, Anthony Ginting tidak nyaman sehingga dari awal ia terus tertinggal dalam perolehan skor.

Yan Bastian Salah Satu Penentu Produk di Indomaret

Marketing Director PT Indomarco Prismatama Wiwiek Yusuf mengatakan berpulangnya Yan Bastian membawa duka mendalam bagi keluarga besar Indomaret.

167 Desa Sukoharjo Berstatus Kampung KB, Pemdes Diminta Bantu Pendanaan

Pemkab Sukoharjo mendorong pemerintah desa agar membantu pendanaan program-program kampung KB yang sudah dicanangkan di seluruh desa.

Sepulang dari "Dunia Lain" Gunung Guntur, Gibran Jadi Pemarah

Ade Leji mengaku ia menemukan Gibran di Curug Cikoneng, Gunung Guntur setelah dirinya menancapkan paku di tempat tersebut.

Pulang ke Rumah Seperti Tukul, Begini Cara Rawat Pasien Stroke di Rumah

Tata laksana rawat pasien stroke di rumah memang tidak mudah, namun jangan menyerah.

Menikah, Harta Putri Bill Gates Ternyata Hanya Segini

Pada tahun 2017 lalu, Bill Gates mengumumkan masing-masing dari ketiga anaknya yakni Jennifer, Phoebe dan Rory hanya akan menerima US$10 juta.

Bisa Ditumpangi 8 Orang, Segini Tarif Naik Mobil Listrik Wisata Solo

Dinas Perhubungan Kota Solo telah menetapkan tarif naik mobil listrik wisata bergaya ala taksi kuno yang segera beroperasi melayani wisatawan.

Tukul Arwana Pulang ke Rumah Bertepatan Hari Ulang Tahunnya

Saat pulang ke rumah, Tukul Arwana disambut hangat oleh keluarganya.

Puluhan Rumah di Madiun Rusak Diterjang Angin Kencang

Rumah yang rusak akibat angin kencang ini paling banyak ada di Kelurahan Wungu, Kecamatan Wungu

Senin, 2 Puskesmas di Sukoharjo Layani Vaksin Dosis I Pfizer & Moderna

Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo membuka layanan vaksin dosis pertama Pfizer dan Moderna di dua puskesmas pada Senin (18/10/2021).

Ditinggal Jalani Rehabilitasi, Jennifer Jill Kehilangan 25 Tas Mewah

Gara-gara kehilangan 25 tas mewah itu Jennifer Jill pun mengevaluasi diri sendiri dan berpikir rumahnya terlalu bebas.

Sragen Hari Ini: 17 Oktober 2015, Wanita Tanon Dibunuh Pacar Sendiri

Enam tahun lalu, seorang wanita asal Tanon meninggal dunia setelah ditusuk berkali-kali oleh pacarnya sendiri.

Dishub Solo Belum Dapat Nama untuk Mobil Listrik Wisata, Punya Usul?

Dinas Perhubungan Kota Solo masih mencari nama yang tepat untuk kendaraan mobil listrik wisata bantuan dari Tahir Foundation.

Karyawan Gigih, Yan Bastian Gabung Indomaret Sejak 1988

Bos Indomaret Yan Bastian bersama keluarganya menjadi korban kecelakaan saat dalam perjalanan kembali dari bepergian ke Jakarta.

Sempat Mendunia, Inilah Daftar 12 Pabrik Gula yang Hilang di Soloraya

Dari 16 pabrik gula yang pernah berdiri di Soloraya, saat ini hanya tersisa empat. Sisanya, 12 pabrik gula sudah hilang.