SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Ada beberapa cara menghindari serangan siber yang semakin ganas.

Solopos.com, JAKARTA — Ancaman serangan siber ada di depan mata. Kebanyakan orang berpikir tentang solusi setelah menjadi korban serangan siber.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengguna disarankan untuk memiliki software keamanan yang komperhensif dengan menginstal solusi keamanan yang efektif, khususnya pada perangkat yang digunakan untuk melakukan pembayaran online, untuk mengakses jejaring sosial atau kegiatan lainnya yang melibatkan informasi pribadi.

Berikut lima kiat dari Kaspersky Lab agar terhindar dari serangan siber sebagaimana dihimpun Solopos.com dari Antara, Sabtu (8/10/2016):

  1. Gunakan password yang kompleks dan berbeda untuk akun dan layanan yang berbeda.
  2. Hindari mengklik link yang mencurigakan dan mengunduh atau membuka lampiran yang diterima dari sumber yang tidak terpercaya.
  3. Pastikan untuk selalu memeriksa URL halaman web sebelum memasuki laman yang membutuhkan informasi bersifat pribadi atau rahasia. Situs phishing bisanya didesain menyerupai situs asli.
  4. Gunakan koneksi https yang aman dengan Sertifikat SSL yang valid (protokol standar http yang mendukung enkripsi – Hypertext Transfer Protocol Secure) saat memasukkan informasi yang bersifat pribadi atau rahasia.
  5. Gunakan perangkat lunak legal dan perbarui perangkat lunak secara teratur. Hal ini dapat menjamin kinerja PC yang stabil dan menjaga data lebih aman.

Sementara itu, bagi perusahaan dianjurkan untuk mengambil sejumlah langkah berikut untuk melindungi diri:

  1. Menerapkan perlindungan Endpoint multi-layer dengan lapisan ekstra proaktif
  2. Memberi pendidikan keamanan siber untuk staf
  3. Memasang patch untuk pencegahan, sering memasang patch, dan mengotomatisasi proses
  4. Melindungi semua elemen seperti email
  5. Fokus pada perangkat bergerak
  6. Melakukan enkripsi untuk komunikasi dan data sensitif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya