Kategori: Tips

Begini Cara Feng Shui Menata Kamar Mandi


Solopos.com/Nana Krisdianti

Solopos.com, SOLO – Feng shui atau kepercayaan pengoptimalan energi positif dari unsur bumi, ternyata dapat diterapkan pula pada kamar mandi rumah. Unsur bumi yang terdapat dalam kamar mandi salah satunya adalah air, yang melambangkan kebijaksanaan dan kemakmuran.

Dulu, saat feng shui sedang dikembangkan di China Kuno, kamar mandi sering dianggap sebagai area yang tidak menyenangkan. Namun, seiring berjalannya waktu kamar mandi modern sangat mendukung konsep feng shui.

Kamar mandi kontemporer sekarang ini tidak hanya memfungsikan kamar mandi sebagai tempat untuk membersihkan diri. Bahkan kamar mandi dapat digunakan sebagai tempat istirahat, bahkan meremajakan diri.

6 Tips Membuat Rumah Terasa Baru Kembali

Berikut tips feng shui sederhana yang dapat diterapkan di kamar mandi menurut thespruce.com:

Menutup Kursi Toilet
Toilet mempunyai fungsi sebagai pembuangan. Oleh karena itu hal ini tidak boleh lepas dari perhatian untuk mendapatkan energi yang maksimal sekalipun di kamar mandi. Untuk mengurangi hilangnya energi tersebut, tutup toilet apabila tidak digunakan. Selain itu, kebiasaan ini jika dilakukan secara terus menerus dapat meminimalisir kelembapan dan berkembangnya bakteri.

Menutup Pintu Kamar Mandi
Tidak berbeda halnya dengan menutup toilet, pintu kamar mandi juga harus dipastikan selalu ditutup. Karena menurut kepercayaan yang ada, energi juga dapat hilang melalui saluran pembuangan dalam kamar mandi. Memastikan ruang tersebut selalu tertutup, membuat energi baik tidak akan menjauh.

Menghemat Air
Seperti yang disebutkan sebelumnya, air merupakan sumber dari energi baik. Kebijakan dalam pemanfaatan akhir akan menghadirkan banyak energi positif di sekitarny. Selain itu, kebijaksanaan penggunaan air juga dapat mencerminkan sifat seseorang tersebut pada beberapa keadaan. Mudahnya, kamu dapat menghemat air dengan membeli peralatan penghemat air yang  dapat ditempatkan pada shower, keran air,  dan dapat juga dengan cara durasi mandi yang singkat, dan memperbaiki kebocoran pipa air.

Ini Tips Merombak Sudut Rumah Jadi Ruang Kerja

Menyembunyikan Toilet
Rancang posisi toilet tersembunyi secara visual dari luar ruangan, sehingga ketika sewaktu-waktu pintu kamar mandi terbuka  tidak langsung menghadap ke toilet.

Letakkan Tanaman
Tanaman juga merupakan salah satu sumber energi baik, sehingga penempatan tanaman di kamar mandi juga baik secara estetika visual maupun mengimbangi energi yang terbuang sebelumnya karena kamar mandi identik dengan pembuangan.

Sering Melakukan Deep Clean
Fungsi utama kamar mandi adalah sarana untuk membersihkan tubuh sekaligus tempat pembuangan. Oeh karena itu, kamar mandi perlu dibersihkan juga secara teratur. Gunakan bahan-bahan pembersih yang aman dan efektif dalam membersihkan kamar mandi.

Rapikan Barang-barang
Jika kamu menyimpan barang atau produk tertentu di kamar mandi, pastikan posisi peletakannya rapi dan teratur sehingga kamar mandi terlihat bersih dan nyaman dilihat. Buang beberapa produk yang tidak diperlukan atau melewati batas umur simpan. Karena jumlah barang yang terdapat pada kamar mandi juga dapat  mempengaruhi kesehatanmu

Share
Dipublikasikan oleh
Ivan Indrakesuma